JELAJAH LEBARAN JAWA–BALI 2019 : Kemenhub Berangkatkan 1.982 Pemudik Sepeda Motor dengan Kapal Laut

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan tiga kali keberangkatan (voyage) arus mudik gratis bagi pemudik sepeda motor dengan kapal.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 30 Mei 2019  |  19:34 WIB
JELAJAH LEBARAN JAWA–BALI 2019 : Kemenhub Berangkatkan 1.982 Pemudik Sepeda Motor dengan Kapal Laut
Pemudik menaiki kapal laut KM Dobonsolo yang akan akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/5/2019). Kementrian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menggelar mudik gratis tujuan Semarang dengan menggunakan kapal laut untuk 7.500 sepeda motor dan 2015 penumpang mudik lebaran 2019 hingga 3 Juni mendatang. - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis.com, INDRAMAYU — Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melepas kapal mudik yang mengangkut 1.982 orang pemudik sepeda motor dari Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kapal KM Dobonsolo yang dioperatori PT Pelni dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang diberangkatkan pada Kamis (30/5/2019). Kapal tersebut memuat 911 unit sepeda motor dari 1.039 sepeda motor yang terdaftar dan 1.982 orang penumpang dari 2.211 orang yang mendaftar mudik gratis.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Arif Toha menjelaskan, pada 2019, pihaknya menyediakan tiga kali keberangkatan (voyage) arus mudik gratis bagi pemudik sepeda motor dengan kapal. Ketiganya berangkat pada 30 Mei, 1 Juni, dan 3 Juni 2019, serta 3 kali voyage arus balik pada 8 Juni, 10 Juni, dan 12 Juni 2019.

Dia menambahkan total kuota kapasitas yang disediakan adalah sebanyak 7.500 unit sepeda motor dan 15.000 orang penumpang.

“Hingga hari ini, angka realisasi mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut sudah mencapai lebih dari 86 persen," ujar Arif dalam keterangan resmi, Kamis (30/5).

Pelayaran dari Jakarta ke Semarang akan menempuh waktu selama 14 jam. Pada setiap tanggal keberangkatan, kapal diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada pukul 06.00 WIB pada keesokan harinya.

Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut tersebut tidak dikenakan biaya apapun, bahkan mendapatkan fasilitas dua kali makan selama pelayarannya, yakni saat berbuka puasa dan saat tiba waktu sahur selama Ramadan.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Wisnu Handoko menyampaikan program mudik gratis bagi pemudik sepeda motor tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya. Selain itu, diharapkan dapat mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas, khususnya pengguna sepeda motor di Jalur Pantura.

(Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kemenhub, Jelajah Jawa-Bali

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top