JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Kemenhub Anjurkan Masyarakat Tidak Mudik dengan Sepeda Motor

Staf Ahli Menteri Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan Kemenhub Cris Kuntadi mengatakan bahwa sepeda motor tidak dianjurkan untuk perjalanan jauh.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 29 Mei 2019 20:01 WIB
Ilustrasi-Pemudik sepeda motor melintas di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta, Sabtu (1/7/2017). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan menganjurkan masyarakat yang akan melakukan mudik untuk tidak menggunakan sepeda motor.

Staf Ahli Menteri Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan Kemenhub Cris Kuntadi mengatakan bahwa sepeda motor tidak dianjurkan untuk perjalanan jauh.

"Untuk jarak jauh sebaiknya urungkan niat naik sepeda motor dengan membawa anak-anak karena kurang aman," ujar Cris kepada Bisnis, Rabu (29/5/2019).

Cris menuturkan bahwa para pemudik dapat memanfaatkan program mudik gratis yang telah disediakan.

Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyediakan program pengiriman motor gratis.

"Untuk yang tersisa tinggal dengan kapal laut. Untuk kereta dan bus atau truk sudah habis kuota yang dari Kemenhub," ungkap Cris.

Cris mengimbau para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk istirahat sesering mungkin dan memastikan kondisi fisik dalam kondisi prima.

Selalu menjaga batas kecepatan, tidak membawa barang dan penumpang berlebih, serta cek kendaraan dan pastikan kendaraan dalam kondisi sehat.

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top