Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aceh Tengah Siapkan Rp8,5 Miliar Benahi Sanitas Warga

Dana sebesar Rp8,5 miliar diperuntukkan bagi 21 kegiatan yang tersebar di beberapa kecamatan prioritas sanitasi.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, ACEH BESAR--Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyatakan serius membenahi sanitasi warga di daerah tersebut salah satunya melalui alokasi anggaran untuk sektor tersebut pada tahun 2019 mencapai Rp8,5 miliar.

"Kegiatan pembangunan sanitasi ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat," kata Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar di Takengon, Selasa (28/5/2019).

Dia menjelaskan dengan sanitasi yang semakin baik akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang nantinya juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya angka harapan hidup masyarakat.

"Sanitasi yang baik juga akan memberikan rasa nyaman dan semakin membuat Aceh Tengah menjadi layak huni dan layak dikunjungi oleh wisatawan," katanya.

Menurut dia, peran serta dari semua pemangku kepentingan sangat membantu untuk mewujudkan pembangunan Sanitasi yang layak dan memberi manfaat bagi masyarakat.

"Masyarakat juga harus berperan aktif dalam mendukung pembangunan sanitasi yang akan kita kerjakan tahun ini. Peran itu seperti penyediaan lahan dan pekerjaan swakelola dilakukan secara transparan agar tidak menimbulkan kecurigaan atau pun masalah hukum di kemudian hari," katanya.

Dia juga berharap agar sanitasi yang dibangun melalui Dana Alokasi Khusus tersebut setelah selesai dibangun, masyarakat juga harus menjaga dan memelihara sarana prasarana tersebut sehingga kehadiran infrastruktur tersebut dapat mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Aceh Tengah, Armaida menyebutkan dana sebesar Rp8,5 miliar diperuntukkan bagi 21 kegiatan yang tersebar di beberapa kecamatan prioritas sanitasi.

Ada pun kegiatannya tersebut masing-masing pembangunan IPAL kombinasi MCK, Tangki Septik Individual, Tangki Septik Komunal dan jaringan perpipaan pesantren.

Program pembangunan Sanitasi dilakukan swakelola oleh masyarakat yang didampingi oleh 10 orang Tenaga Fasilitator Lapangan.

Dalam kesempatan tersebut orang nomor satu di Kabupaten Aceh Tengah, Shabela Abubakar turut menyerahkan Tenaga Fasilitator Lapangan kepada Reje dan Camat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper