Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik dan Kantor Libur, Pasok Listrik Longgar selama Libur Lebaran

PT PLN (Persero) mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi kelistrikan selama lebaran 2019 lantaran bersaran cadangan operasi pembangkit atau reserve margin yang sebesar 10.637 megawatt (MW) atau sekitar 62%.
Teknisi memasang jaringan kelistrikan baru di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (21/2/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Teknisi memasang jaringan kelistrikan baru di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (21/2/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi kelistrikan selama lebaran 2019 lantaran bersaran cadangan operasi pembangkit atau reserve margin yang sebesar 10.637 megawatt (MW) atau sekitar 62%.

Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan beban puncak sistem kelistrikan Jawa-Bali dalam kondisi normal adalah sebesar 27.000 mw. Selama lebaran lantaran tidak beroperasinya sejumlah industri, beban puncak harian turun 37% menjadi 17.179 MW. Daya mampu kelistrikan sistem Jawa-Bali yakni sebesar 34.716 MW.

Kondisi ini mengakibatkan 20 pembangkit berkapasitas total 10.637 MW tidak beropereasi sehingga PLN bisa melakukan penghematan. 

"20 mesin pembangkit kami istirahatkan khusus sistem Jawa-Bali, karena gak ada yang beli nanti rugi," katanya saat melakukan pelepasan Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 di Kantor Bisnis, Rabu (29/5/2019).

Menurutnya, selain sistem Jawa-Bali, kelistrikan Kalimantan dan daerah lainnya juga menunjukkan penurunan beban puncak sebesar 10% hingga 15%. 

Kondisi serupa juga terjadi pada wilayah kepulauan seperti Kepulauan Natuna, Pulau Kundur, dan  Nias yang cadangan kelistrikan juga mengalami peningkatan sebesar 5% sampai 20%. Secara nasional, beban puncak kelistrikan selama lebaran 2019 juga mengalami penurunan sekitar 35%. 

Kondisi ini membuat PLN optimistis kelistrikan selama lebaran akan aman dan andal. 

Sementara itu, sejumlah upaya yang telah dilakukan untuk memastikan kesiapan dan keandalan sistem kelistrikan meliputi kesiapan unit pembangkit, penguatan jaringan transmisi, dan distribusi, menghentikan sementara pemeliharaan instalasi di transmisi dan gardu induk kecuali perbaikan kerusakan, membuat rencana dan pola operasi unit-unit pembangkit berdasarkan beban menyiapkan cadangan putar atau spinning reserve lebih besar dari waktu reguler, dan melakukan pengawasan dan siaga di sejumlah objek vital seperti masjid maupun pusat keramaian terkait ketersediaan pasokan. 

"Sehingga kekhawatiran tidak ada listrik atau listriknya padam karena pasokan terganggu sudah bisa kami antisipasi," katanya. 

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper