Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Pelindo III Diprediksi 2 Juni

Pelindo III memprediksi puncak arus mudik penumpang di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola perseroan pada Lebaran 2019 terjadi pada 2 Juni (H-3), sedangkan puncak arus balik 15 Juni (H+10).
Sri Mas Sari | 28 Mei 2019 20:18 WIB
Ilustrasi - Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan. - Bisnis/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Pelindo III memprediksi puncak arus mudik penumpang di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola perseroan pada Lebaran 2019 terjadi pada 2 Juni (H-3), sedangkan puncak arus balik 15 Juni (H+10). 


BUMN operator pelabuhan itu memprediksi arus penumpang pada libur Lebaran tahun ini 467.730 orang, naik 3% dari realisasi periode sama tahun lalu. Jumlah itu terdiri atas penumpang debarkasi (tiba dari kapal) 239.102 orang dan penumpang embarkasi (berangkat) 228.628 orang.


VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata mengatakan, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya masih menjadi yang tersibuk pada musim mudik tahun ini dengan dilayani oleh 195 unit kapal.

Berikutnya, Pelabuhan Gresik dengan 165 unit kapal, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan 120 unit kapal, Pelabuhan Tenau Kupang dengan 72 unit kapal, Pelabuhan Banjarmasin dengan 53 unit kapal, dan Pelabuhan Kotabaru dengan 49 unit kapal. 


“Peningkatan jumlah kunjungan kapal sejalan dengan peningkatan jumlah penumpang. Pada musim mudik Lebaran tahun lalu tercatat 781 kapal, sedangkan pada momen yang sama tahun ini diprediksi 805 kapal,” katanya dalam siaran pers, Selasa (28/5/2019).


Wilis menuturkan, Pelindo III telah menyiapkan fasilitas terminal penumpang demi kelancaran arus mudik, termasuk menjamin ketersediaan alat pemadam api ringan (APAR) dan petugas pemadam kebakaran (PMK), tenaga kesehatan, ambulans, P3K, dan jalur evakuasi.


Dari sisi keamanan, Pelindo III melengkapi terminal dengan CCTV, mesin x-ray, metal detector, pos petugas keamanan, customer service, dan call center. Kemudian untuk aspek kenyamanan, Pelindo III menyiapkan ruang tunggu, ruang kesehatan, tempat ibadah, toilet bersih, ruang menyusui, ruang perawatan bayi, lift khusus difabel, dan kursi roda.


Pelindo III juga menawarkan fasilitas hotel kapsul di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kepada pemudik sebagai pilihan beristirahat sementara.


Wilis mengatakan 10 unit hotel kapsul yang dapat dimanfaatkan oleh penumpang kapal laut yang masih menunggu keberangkatan atau membutuhkan istirahat sebelum melanjutkan perjalanan setelah tiba di pelabuhan dengan biaya yang hemat. 


Inovasi lainnya, Pelindo III menyiapkan papan informasi digital untuk jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal. Program Mudik Bareng BUMN yang dilayani Pelindo III juga dapat diakses melalui situs internet dan ponsel.


“Pelindo III juga telah mengajak sejumlah operator kapal untuk mulai mengimplementasikan e-ticketing. Kemudian juga telah menyediakan aplikasi e-boarding untuk memberikan pelayanan boarding pass seperti sudah berjalan untuk penumpang pesawat terbang dan kereta api," kata Wilis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo iii, puncak arus mudik, mudik lebaran 2019

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top