Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selain DKI Jakarta, BPK Juga Beri Pemprov Jatim Opini WTP

Selain DKI Jakarta, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Provinsi Jawa Timur.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  11:18 WIB
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). - Antara
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Selain DKI Jakarta, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Provinsi Jawa Timur.

Anggota V BPK Isma Yatun mengatakan, pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan.

Namun, dia menyebut pemeriksa harus melakukan pengembangan prosedur audit dan mengungkapkannya dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) jika dalam proses pemeriksaan ditemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan.

"Khususnya yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara," kata Isma Yatun, Kamis (23/5/2019).

Khusus LKPD Pemprov Jatim, berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKPD Tahun Anggaran 2018 termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemprov Jawa Timur, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dia berharap capaian tersebut dapat terus dipertahankan, apalagi seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat atas pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

"Kami akan terus meningkatkan pola pemeriksaan termasuk dalam hal pengambilan sampel dan teknik pengujian yang dilakukan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpk jawa timur audit bpk wtp
Editor : Tegar Arief
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top