Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AP I : Jumlah Penumpang Pesawat Masih Bisa Tumbuh 5 Persen 2019

AP I memperkirakan, jumlah penumpang angkutan udara di bandara-bandara yang dikelola perseroan tumbuh 5% pada Lebaran tahun ini.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  09:28 WIB
AP I : Jumlah Penumpang Pesawat Masih Bisa Tumbuh 5 Persen 2019
Ilustrasi - Calon penumpang pesawat udara, berada di konter check in, Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatra Barat, Kamis (24/1/2019). - ANTARA/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) memperkirakan, jumlah penumpang angkutan udara di bandara-bandara yang dikelola perseroan tumbuh 5% pada Lebaran tahun ini.


Direktur Utama AP I Faik Fahmi melihat animo masyarakat menggunakan angkutan udara masih besar meskipun harga tiket pesawat tinggi.


"Indikasinya, permintaan extra flight di 14 bandara kami, sekarang sudah 14 ya termasuk Kulon Progo, sudah 1.618 slot," katanya seusai rapat koordinasi finalisasi kesiapan angkutan Lebaran 2019 di Kementerian Perhubungan, Selasa (21/5/2019).


Dalam catatan Bisnis, pergerakan penumpang pesawat di bandara AP I pada Lebaran 2018 tumbuh 8,4% menjadi 3,1 juta juta orang (H-8 hingga H+1).


Kemenhub memperkirakan, pertumbuhan jumlah penumpang angkutan udara melambat pada Lebaran tahun ini karena terpengaruh perpindahan penumpang ke moda transportasi lain.


Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti memaparkan, jumlah penumpang angkutan udara domestik Idulfitri kali ini diprediksi hanya tumbuh 2,38%, padahal pada periode sama tahun lalu naik 4,49%.


Sementara itu, jumlah penumpang penerbangan internasional pada arus mudik dan balik tahun ini diperkirakan hanya menanjak 7,8%, padahal pada periode sama tahun lalu terbang 11%.


Pertumbuhan itu berdasarkan estimasi selama masa mudik dan balik angkutan udara pada Lebaran 2019 yang jatuh mulai 29 Mei hingga 10 Juni. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi 31 Mei, sedangkan puncak arus balik 9 Juni. 


"Dengan demikian, rata-rata pertumbuhan penumpang [penerbangan domestik dan internasional] 3,17%," papar Polana dalam rapat koordinasi finalisasi kesiapan angkutan Lebaran 2019 di Kemenhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub angkasa pura i pertumbuhan penumpang pesawat
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top