Penjualan Perangkat Pintar Bikin Informa Optimistis Ekspansi Ritel Elektronik

Rendahnya margin keuntungan produk elektronik tersebut dapat terkompensasi oleh volume penjualan yang terus tumbuh.
Yustinus Andri DP | 15 Mei 2019 09:34 WIB
Gerai Informa Elektronik di Living World, Alam Sutera - dok. Informa

Bisnis.com, JAKARTA — Pertumbuhan pesat volume penjualan produk elektronik pintar membawa angin segar bagi industri ritel elektronik yang tertekan oleh margin keuntungan rendah. Informa, misalnya, memutuskan berekspansi membuka gerai khusus produk elektronik di Tangerang Selatan.

Store Operation Director Informa Daniel Trisno mengatakan, sejak tahun lalu penjualan produk elektronik mengalami pertumbuhan yang kuat. Laju penjualan produk elektronik bahkan lebih tinggi daripada peralatan rumah tangga lain.

“Tahun ini laju pertumbuhan penjualannya masih sangat kencang. Proyeksi kami bisa tumbuh dua digit. Produk elektronik memang masih menjadi salah satu andalan penjualan kami tahun ini,” jelasnya kepada Bisnis, pekan lalu.

Dia mengatakan, penjualan produk elektronik cenderung memiliki margin keuntungan yang tipis. Pasalnya, saat ini para pelaku di sektor tersebut bersaing ketat dari sisi harga. Namun, rendahnya margin keuntungan tersebut dapat terkompensasi oleh volume penjualan yang terus tumbuh. Menurutnya, pada tahun lalu, penjualan produk elektronik tumbuh hingga 30%.

Daniel menambahkan, kenaikan penjualan produk elektronik terutama terjadi pada segmen produk berteknologi tinggi atau smart electronics. Konsumen di segmen tersebut didominasi oleh kalangan muda yang menjadikan belanja produk elektronik sebagai gaya hidup.

Fenomena tersebut, menurutnya, menjadi alasan bagi perseroan untuk melakukan ekspansi di segmen produk elektronik. Hal itu dibuktikan dengan penambahan gerai Informa Electronics yang dikhususkan untuk menjual produk-produk elektronik pada tahun ini.

Dia menjelaskan bahwa ekspansi yang dilakukan di Living World, Alam Sutera tersebut merupakan salah satu cara Informa merespon tren yang berkembang di masyarakat. Daniel mengatakan, dalam waktu dekat konsep serupa akan dibuka di sejumlah kota lain, salah satunya Bandung.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kawan Lama

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup