Ilmuwan LIPI Terpilih Masuk Tim Pengkaji Bahan Kimia untuk Konvensi Rotterdam

lmuwan LIPI Yenny Meliana terpilih sebagai Tim Pengkaji Bahan Kimia (Chemical Review Committee/CRC) untuk Konvensi Rotterdam.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 11 Mei 2019  |  22:50 WIB
Ilmuwan LIPI Terpilih Masuk Tim Pengkaji Bahan Kimia untuk Konvensi Rotterdam
Delegasi Indonesia di Konferensi Para Pihak (COP) Konvensi Basel, Konvensi Stockholm dan Konvensi Rotterdam telah dibuka secara resmi pada hari Senin, 29 April 2019 di Centre International de Conferences Geneva (CICG) di Jenewa. - LHK

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan LIPI Yenny Meliana terpilih sebagai Tim Pengkaji Bahan Kimia (Chemical Review Committee/CRC) untuk Konvensi Rotterdam.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Senin (6/5), mengatakan bahwa proses pemilihan berjalan alot di tengah-tengah COPs BRS (Bassel, Rotterdam, Stockholm) pada 29 April sampai 10 Mei 2019 di Jenewa, Swiss.

"Dr Meli akan bertugas mewakili regional Asia Pasific selama periode 2020-2024. Terimakasih atas dukungan dan support dari seluruh Delegasi RI, khususnya Kemlu dan PTRI Jenewa," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/5/2019).

Konferensi Para Pihak atau Conferensi of the Parties (COPs) merupakan pertemuan dua tahuan. Seluruh pihak akan menunjau dan memutuskan daftar bahan kimia yang akan diatur, serta mengkaji dan mengadopsi program kerja dan anggaran kerja, serta memutuskan pengaturan limbah, termasuk limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan limbah non-B3 dalam perpindahan lintas batas negara.

Pertemuan di Jewena merupakan pertemuan ke-14 Konferensi Para Pihak pada Konvensi Basel (BC COP-14), pertemuan ke-9 Konferensi Para Pihak pada Konvensi Rotterdam (RC COP-9) dan pertemuan ke-9 Konferensi Para Pihak untuk Konvensi Stockholm (SC COP-9).

Tema pertemuan ini adalah "Planet Bersih, Orang Sehat: Pengelolaan Bahan Kimia dan Limbah yang Baik". Pertemuan akan mencakup sesi bersama yang mencakup hal-hal yang relevan dengan setidaknya dua konvensi dan sesi terpisah dari masing-masing pertemuan dari ketiga COP. Rapat tidak akan menampilkan segmen tingkat tinggi

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lipi, Limbah B3

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top