Tol Jalur Mudik Satu Arah Hingga H-2

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melakukan sistem satu arah yang mengarah ke Jawa selama 3 hari.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 07 Mei 2019  |  18:27 WIB
Tol Jalur Mudik Satu Arah Hingga H-2
Kendaraan melintasi ruas jalan tol, usai peresmian pengoperasian tiga ruas jalan tol Trans Jawa di Jembatan Kalikuto, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan melakukan sistem satu arah yang mengarah ke Jawa selama 3 hari.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Joko Santoso mengatakan bahwa untuk persiapan lebaran akan dilakukan one way ke arah Jawa.

"One way memang kita sudah rapatkan dengan dipimpin Pak Menhub. Sehingga dengan usulan kemarin oneway 31 Mei—2 Juni jadi 3 hari dilakukan one way ke arah Jawa," tuturnya di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Menurut Joko, secara teknis diusulkan sistem satu arah ini karena melihat kesuksesan tahun lalu secara kebijakan dadakan. Dia mengatakan sistem one way seperti aspirin bisa sembuhkan sakit kepala secara cepat sama, sehingga sistem satu arah ini diterapkan secara legal dan disosialisasikan ke pemudik seluruhnya. Adapun, sistem satu arah ini akan dilakukan mulai dari kilometer 29 sampai dengan kilometer 262 selama 24 jam.

"Waktunya 24 jam dari keputusan rapat kemarin. Saat ini di rencanakan masih 24 jam tapi kami masih tunggu Pak Menhub," tuturnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah merampungkan pembangunan Jalan Tol Trans Jawa mulai dari Merak hingga Probolinggo yang sudah tersambung yaitu sepanjang 964 Km.

Terbagi mulai dari ruas tol Tangerang—Merak sepanjang (73 Km), Jakarta—Tangerang (27 Km), Tomang—Cawang (12,8 Km), Jakarta—Cikampek (72 Km), Cikampek—Palimanan ( 116 Km), Palimanan—Kanci (26 Km), Kanci—Pejagan (35 Km), Pejagan—Pemalang (57,5 Km), Pemalang—Batang (39 Km), Batang—Semarang (75 Km), dan Semarang Seksi A & B (14 Km). 

Selanjutnya ruas tol Semarang –Solo (72,6 Km), Solo—Ngawi (90,1 Km), Ngawi—Kertosono (87 Km), Kertosono—Mojokerto (40,5 Km), Surabaya—Mojokerto (34 Km), Surabaya—Gempol seksi Waru—Gempol (27 Km), Gempol—Pandaan seksi Gempol IC—Gempol JC (2 Km), Gempol—Pasuruan (34,2 Km), dan Pasuruan—Probolinggo Timur (31,3 Km). Untuk jalan tol Pandaan Malang seksi I-lll sepanjang 30,6 Km yang menghubungkan wilayah Surabaya—Malang, saat mudik lebaran 2019 direncanakan akan beroperasi fungsional tanpa tarif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, Mudik Lebaran

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top