Hipmi : Asosiasi Pengusaha Muda Asean Pilih Jakarta jadi Kantor Pusat

Asean Young Enterpreneurs Association (AYEA) atau yang lebih dikenal sebagai Hipmi Se-Asean akhirnya akan segera berkantor pusat di Jakarta.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 06 Mei 2019  |  17:08 WIB
Hipmi : Asosiasi Pengusaha Muda Asean Pilih Jakarta jadi Kantor Pusat
Kota Jakarta dari simpang susun semanggi di Jakarta, Minggu (19/11) malam. - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Asean Young Enterpreneurs Association (AYEA) atau yang lebih dikenal sebagai Hipmi se-Asean akhirnya akan segera berkantor pusat di Jakarta.

Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Hipmi Bahlil Lahadalia. Dia mengatakan bahwa AYEA telah menerima usulan untuk menjadikan Jakarta sebagai kantor pusat AYEA.

“Alhamdullilah, pada bulan yang penuh berkah ini, kami dapat berita gembira bahwa  10 organisasi pengusaha muda dari seluruh Asean atau AYEA sepakat dengan usulan dan perjuangan kami untuk menjadikan Jakarta sebagai kantor pusat atau Ibu Kotanya AYEA,” ujar Bahlil dalam keterangan resmi, Senin (6/5/2019).

Bahlil mengatakan, AYEA diinisiasi dan diinkubasi oleh Asean Business Advisory Council (Asean BAC). Adapun, tujuan dari didirikannya AYEA adalah untuk menyatukan para pelaku usaha muda dan pemula dari negara-negara anggota Asean dalam pilar-pilar ekonomi Asean sesuai dengan Deklarasi Bandar Seri Begawan pada 2013 untuk menuju satu Masyarakat Ekonomi Asean.

 

Meskipun beberapa kota di negara Asean lainnya bersaing ketat menjadi sekretariat AYEA, pihaknya tak gentar dan tetap melakukan lobi-lobi tingkat tinggi. 

 

“Pandangan kami tidak lepas dari kenyataan bahwa Indonesia adalah negara dengan ekonomi terbesar di Asean, maka sudah sepantasnya sekretariat AYEA atau ibu kotanya berdomisili di Indonesia, yakni Jakarta,” ucap Bahlil.

 

Bahlil mengatakan, selain faktor ukuran ekonomi, pihaknya juga meyakinkan anggota  AYEA terkait ketersediaan infrastruktur yang maju yang telah dan sedang dibangun pemerintahan Jokowi-JK.

 

“Infrastruktur di Jakarta kian maju dan tidak kalah dengan kota-kota besar di dunia. Kita punya moda transportasi MRT, LRT, dan nanti kereta cepat. Semua ini jadi pertimbangan,” ucap Bahlil.

 

Sementara itu, Ketua BPP HIPMI Bidang Internasional dan Pariwisata Bagas Adhadirga mengatakan Jakarta layak menjadi pusat kegiatan AYEA sebab  sebagian besar anggotanya berada di Indonesia.

 

“Ke depannya anggota AYEA terbanyak adalah dari Indonesia, HIPMI sendiri memiliki anggota lebih dari 40.000 pengusaha muda di seluruh Indonesia yang bisa menjadi anggota dari AYEA.

Dengan demikian, dia menyatakan bahwa penempatan sekretariat AYEA di Jakarta akan lebih mempermudah urusan administrasi dan koordinasi. Selain itu, AYEA juga bisa lebih mudah untuk berkoordinasi dengan Sekretariat Asean di Jakarta.

 

Bagas memaparkan, AYEA merupakan perwakilan dari seluruh asosiasi pengusaha muda paling bergengsi di negaranya masing-masing se-Asean. Indonesia sendiri diwakili HIPMI.

 

Selain itu, HIPMI juga menjadi salah satu founding member dari AYEA dan anggota dari Asean Young Entrepreneurs Council (AYEC). AYEC merupakan sebuah badan eksekutif dan legislatif dari AYEA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hipmi, asean, pengusaha muda

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top