Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP I Pastikan Bandara Yogyakarta Siap Diresmikan & Dioperasikan

PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kulon Progo sudah siap diresmikan dan dioperasikan untuk sebagian penerbangan.
Ilustrasi - Sejumlah pekerja sedang merampungkan pengerjaan Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, Rabu (24/4/2019)./Bisnis-Sri Mas Sari
Ilustrasi - Sejumlah pekerja sedang merampungkan pengerjaan Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, Rabu (24/4/2019)./Bisnis-Sri Mas Sari

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kulon Progo sudah siap diresmikan dan dioperasikan untuk sebagian penerbangan.


Sekretaris Perusahaan AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan, secara legal YIA sudah dapat dioperasikan menyusul penerbitan Sertifikat Bandar Udara Bandara Internasional Yogyakarta No. 149/SBU-DBU/IV/2019 oleh Direktorat Jenderal Bandar Udara (DJBU) Kementerian Perhubungan sejak 26 April 2019.


"Kami tinggal menunggu arahan dari Sekretariat Kepresidenan terkait dengan rencana peresmian oleh Bapak Presiden. Kami siap saja kalau sudah ada perintah," kata Handy, Kamis (2/5/2019).


Dia menambahkan, penerbangan komersial pertama akan dilakukan pada dalam waktu dekat oleh maskapai Citilink Indonesia, pada 6 Mei 2019. Nantinya, YIA akan beroperasi dari pukul 06.00--18.00 WIB.


Di sisi lain, lanjutnya, kesiapan sarana dan layanan secara teknis dan administratif dari YIA ini sudah siap untuk dioperasikan. Hal tersebut dapat dilihat dari dokumen-dokumen persyaratan yang sudah siap seperti Aeronautical Information Publication (AIP), Sertifikat Bandar Udara, Penetapan Kawasan Kepabeanan, Tempat Penimbunan Sementara, Tempat Pemeriksaan Imigrasi.


Selain itu, disiapkan juga berbagai layanan pendukung seperti layanan navigasi penerbangan, layanan metereolog, layanan pengisian bahan bakar pesawat udara fasilitas kesehatan pelabuhan. Terdapat pula fasilitas karantina ikan, hewan, dan tumbuhan, gerai atau area komersial, layanan jasa pendukung kebandarudaraan (groundhandling).


Handy menjelaskan bandara tersebut juga telah mendapatkan dukungan transportasi darat seperti Damri, shuttle bus, kereta api, hingga taksi.


AP I memastikan operator transportasi darat yang telah menyatakan siap beroperasi antara lain Perum Damri, PT Keren Transindo Sejahtera (SatelQu), operator taksi Primkopau II, dan Organda DIY (2 perusahaan).


Dia menuturkan, Perum Damri sudah menyiapkan 12 unit armada dan akan melayani empat trayek pada tahap awal, yaitu YIA-Yogyakarta (Kantor Damri Cabang Yogyakarta), YIA-Stasiun Wojo, YIA-Magelang (Candi Borobudur), dan YIA-Kebumen via Purworejo (Hotel Patra) pulang dan pergi.


Adapun, SatelQu menyediakan sembilan unit bus yang akan melayani tiga rute, yaitu Banjarnegara-Wonosobo-Purworejo-YIA-Bandara Adisutjipto, Cilacap-YIA-Bandara Adisutjipto, dan Purwokerto-YIA-Bandara Adisutjipto pulang dan pergi.


Sementara, bagi calon penumpang pesawat udara yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api, KAI menyiapkan satu rangkaian kereta yang akan melayani perjalanan dari Stasiun Maguwo yang berada di Bandara Adisutjioto, Stasiun Tugu.


Dari Stasiun Maguwo menuju Stasiun Wojo sebanyak empat kali perjalanan pulang pergi dan dua lainnya akan dilayani dengan KA Solo Ekspres relasi Solobalapan - Kutoarjo. Dari Stasiun Wojo, penumpang dapat melanjutkan perjalanan menuju YIA menggunakan shutlle bus (Damri) yang tersedia, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper