Laporan dari Beijing : Bertemu Wapres Jusuf Kalla, Xi Jinping Ucapkan Selamat Atas Pemilu di Indonesia

Presiden China Xi Jinping mengucapkan ucapan selamat atas pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.
Feni Freycinetia Fitriani | 25 April 2019 18:54 WIB
Wapres RI Jusuf Kalla bertemu Presiden China Xi Jinping untuk membicarakan hubungan dagang dua negara, khususnya dalam Belt And Road Forum II. Pertemuan bilateral dilaksanakan di ruang Eastern, Great Hall of People, Beijing pada Kamis (25/4/2019). - Bisnis/Setwapres

Bisnis.com, BEIJING — Presiden China Xi Jinping melaksanakan pertemuan bilateral (bilateral meeting) dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan delegasi Indonesia. 

Dalam sambutannya, dia merasa senang atas kedatangan JK dan Menteri Kabinet Kerja di Beijing untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Belt and Road Forum kedua (BRF II). Jinping mengucapkan ucapan selamat atas pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.

"Silakan sampaikan sambutan tulus hati saya kepada Presiden Joko Widodo. Saya juga ingin mengucapkan atas diselenggarakannya Pemilu di Indonesia dengan lancar beberapa waktu lalu," ujarnya di ruang Eastern, Great Hall of People di Beijing, Kamis (25/4/2019).

Pertemuan kedua delegasi berlangsung pada pukul 18.00 waktu setempat. Preside Jinping memakai setelan jas dan celana hitam dengan dasi merah. Sementara itu, Wapres JK tampil necis dengan setelan jas celana hitam dengan dasi biru muda. 

Sebelum memasuki ruangan rapat, Jinping dan JK melakukan sesi foto bersama. Presiden Negeri Tirai Bambu tersebut terlihat tersenyum saat bersalaman dengan JK. 

Dia menuturkan Indonesia berada di posisi yang sangat penting dari jalur sutra kuno. Indonesia juga memegang peranan sangat penting untuk ikut pembangunan bersama the Belt and Road, jalan sutra maritim abad ke-21.

"Waktu saya berkunjung di Indonesia, saya dengan suka cita dengan pembangunan kedua negara bersama Belt and Road. [Ini merupakan] kesempatan untuk mencapai kemajuan baru dari hubungan bilateral dan hasil nyata pembangunan di berbagai bidang. [Pembangunan] ini merupakan benar-benar untuk masyarakat kedua negara," ungkapnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan bilateral yang digelar di sela KTT APEC di Papua Nugini akhir tahun lalu.

Di pertemuan tersebut Jokowi singgung soal defisit dagang dengan China yang kian melebar dan meminta Tiongkok untuk menekannya dengan berbagai cara. 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
china, jusuf kalla, xi jinping

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup