Begini Wajah Bandara New Yogyakarta yang Hampir Tuntas

Sejumlah pekerjaan di sisi udara maupun darat untuk menunjang pelayanan penerbangan rute internasional di Bandara Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) hampir selesai.
Sri Mas Sari | 24 April 2019 10:26 WIB
Proses pengerjaan Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, Rabu (24/4/2019). - Bisnis/Sri Mas Sari

Bisnis.com, WATES - Sejumlah pekerjaan di sisi udara maupun darat untuk menunjang pelayanan penerbangan rute internasional di Bandara Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) hampir selesai. 


Berdasarkan pantaun Bisnis di lapangan, di sisi udara, pembangunan landasan pacu (runway) sepanjang 3.250 meter × 60 meter, lebih panjang 1.000 m daripada runway Bandara Adi Sutjipto, sudah selesai dan sudah melewati uji kalibrasi. Marka dan lampu di sepanjang runway pun sudah lengkap. 


Berbeda dengan taxiway di sisi timur yang sudah rapi, rapid exit taxiway di sisi barat belum beres, tetapi satuan kerja (satker) menyatakan pekerjaan akan selesai dalam hitungan hari.

Rapid exit taxi way adalah taxiway yang dihubungkan dengan landasan pacu yang bertujuan agar pesawat yang mendarat dapat segera keluar dari runway. Empat garbarata juga sudah disiapkan di apron. 


Sementara itu, di sisi darat, beragam fasilitas di dalam terminal sudah tersedia. Counter check in, fasilitas pemeriksaan (mesin X-ray), imigrasi, siap operasional.

Demikian pula dengan fasilitas ruang tunggu, ruang tunggu disabilitas, lounge eksekutif, toilet, ruang menyusui, area bermain anak-anak (kidszone), wrapping bagasi, gerai souvenir, dan tempat mengisi daya baterai ponsel. 


Seperti diketahui, NYIA akan mulai melayani penerbangan internasional yang dialihkan dari Bandara Adi Sutjipto mulai 29 April. Rute internasional itu mencakup Yogyakarta-Singapura dan Yogyakarta-Kuala Lumpur. 


Sementara itu, pembangunan terminal domestik masih berlangsung. Oleh karena itu, jangan heran jika penumpang akan melihat crane atau truk hilir-mudik di lingkungan bandara seluas 587,3 ha itu.


Seluruh proyek strategis nasional yang ditugaskan kepada Angkasa Pura (AP) I itu dijadwalkan selesai akhir 2019. Dengan kapasitas tampung 14 juta penumpang, NYIA akan menggantikan sebagian besar peran Bandara Adi Sutjipto yang sudah jenuh dengan daya tampung 1,7 juta penumpang. 


Sesuai Peraturan Presiden No 98/2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara Baru di Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, AP I harus mengoperasikan NYIA pada April 2019. 

Foto-foto : Sri Mas Sari

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
penerbangan, bandara, bandara yogyakarta

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup