Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daerah Perbatasan Kini 100 persen Teraliri Listrik

Daerah yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia yakni Krayan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akhirnya 100% teraliri listrik.
Ilustrasi/ANTARA-Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi/ANTARA-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Daerah yang berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia yakni Krayan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akhirnya 100% teraliri listrik.

Listrik untuk Krayan Selatan disuplai oleh empat pembangkit diesel yang berfungsi untuk menyuplai dua desa, yakni 2x63 kVa untuk desa Long Layu dan 2x32 kVa untuk desa Pa’ Upan. Listrik untuk Desa Long Layu dan Pa’ Upan di Krayan Selatan disambung kepada warga melalui jaringan tegangan rendah yang terbentang sepanjang 4100 meter dan kabel sambungan rumah sepanjang 1750 meter.

Lewat aliran listrik tersebut, sebanyak 332 warga di sana telah menikmati listrik PLN.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan Machnizon Masri mengatakan mengalirkan listrik ke Krayan Selatan tidaklah mudah. Pasalnya, akses menuju daerah tersebut sangat sulit.

 Daerah itu hanya dapat dijangkau dengan pesawat udara dengan penerbangan perintis. Selain itu, jadwal penerbangan menuju Krayan Selatan kerap kali sulit diprediksi kapan waktu beroperasinya.

 “Kami kirim material kelistrikan melalui jalur udara secara bertahap hingga lima kali pengangkutan. Kami laksanakan kegiatan pengiriman dan persiapan penyambungan sejak awal April lalu, dan alhamdulilah saat ini listrik telah menyala untuk warga Krayan Selatan,” katanya, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (12/4/2019).

Ketua Adat Besar Krayan Selatan Lewi Gaya Paru mengatakan listrik akan sangat membantu kehidupan masyarakat terutama kelancaran kegiatan pemungutan suara di sana.

 “Dengan listrik yang menyala, warga bisa beraktivitas secara lebih nyaman, dan proses Pemilu nanti dapat kita lakukan secara lebih baik dengan listrik yang sudah menyala,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper