Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangerang Garap Danau Cigaru Jadi Destinasi Wisata

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, berupaya untuk menggarap Danau Cigaru, Kecamatan Cisoka sebagai destinasi wisata bahari selain di Tanjung Kait dan Tanjung Pasir di kawasan pesisir.
Telaga Cisoka/Pemkab Tangerang
Telaga Cisoka/Pemkab Tangerang

Bisnis.com, TANGERANG--Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, berupaya untuk menggarap Danau Cigaru, Kecamatan Cisoka sebagai destinasi wisata bahari selain di Tanjung Kait dan Tanjung Pasir di kawasan pesisir.

"Kami sudah menghubungi pengelola danau itu agar mereka bersedia untuk bekerja sama," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik di Tangerang, Selasa (9/4/2019).

Ahmad mengatakan selama ini danau buatan hanya dikelola warga setempat secara amatiran oleh pemilik lahan, sehingga wisatawan yang berkunjung kebanyakan penduduk lokal. Namun, pada hari libur banyak juga warga dari luar daerah yang berkunjung, mereka ingin menikmati keindahan danau buatan sembari berfoto.

Bahkan keberadaan danau itu dapat menambah pendapatan bagi penduduk lokal dengan menjual aneka kerajinan dan kuliner setempat.

Danau Cigaru terdiri atas tiga danau buatan hasil penambangan galian pasir yang memiliki air tiga warna, hijau, putih dan kecoklatan pada lokasi yang berdekatan. Pada areal tersebut juga terdapat perahu dan tempat berfoto bagi pengunjung, setelah itu dapat menikmati kuliner lokal yang dijual pedagang.

Untuk mengunjungi obyek wisata tersebut tidak mengalami kendala karena letaknya relatif dekat dengan pasar dan Kantor Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Pemerintah setempat sudah membangun jalan masuk dengan mengunakan konstruksi semen cor bertulang demi kelancaran wisatawan menuju lokasi.

Ahmad mengatakan pihaknya berencana bekerja sama dengan agen wisata agar destinasi itu lebih banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Selama ini memang belum digarap secara profesional, tapi optimistis jika dikelola secara baik memberikan manfaat yang lebih," katanya.

Sementara itu, pengelola objek wisata Cigaru, Sudirman Indra mengatakan rencana pemda tersebut merupakan langkah positif dan diharapkan ada hasil yang lebih baik. Namun pihaknya mengharapkan ketika obyek itu digarap, tidak menghilangkan dan dapat mempertahankan kearifan lokal.

Sudirman menambahkan pengelola yang baru harus mempekerjakan warga setempat karena selama ini digarap bersama dan dapat menambah perekonomian penduduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper