Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemudik Kereta Bakal Membeludak, KAI Yogya Siapkan Cadangan

Kereta-kereta tambahan tersebut total menyediakan lebih dari 8.000 tempat duduk per hari dan akan beroperasi selama Masa Angkutan Lebaran 2019.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 April 2019  |  10:04 WIB
Ilustrasi - Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017). - ANTARA/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi - Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017). - ANTARA/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Total kapasitas tempat duduk kereta api tambahan Lebaran yang berangkat dari wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta tahun ini naik sekitar 4% jika dibandingkan dengan total tempat duduk pada tahun lalu.

"Tahun lalu kami mengoperasikan enam kereta tambahan untuk Lebaran, sedangkan pada tahun ini ada penambahan satu kereta sehingga totalnya ada tujuh kereta tambahan yang akan dijalankan," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Jumat (5/4/2019).

Menurut dia, KAI Daop 6 dapat mengoperasikan tujuh kereta tambahan untuk Lebaran karena ada kereta cadangan yang bisa dijalankan untuk mendukung mobilitas warga selama arus mudik maupun balik Lebaran.

Kereta tambahan dari Daop 6 yang akan beroperasi semasa Lebaran meliputi Argo Lawu Fakultatif dan Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solo Balapan-Jakarta Gambir, Taksaka Lebaran dan Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Jakarta Gambir.

Adapun Sancaka Lebaran untuk rute Yogyakarta Tugu-Surabaya Gubeng, Lodaya Lebaran untuk rute Solo-Bandung serta Mataram Ekspres relasi Pasar Senen-Lempuyangan.

Kereta-kereta tambahan tersebut total menyediakan lebih dari 8.000 tempat duduk per hari dan akan beroperasi selama Masa Angkutan Lebaran 2019 yang ditetapkan berlangsung 26 Mei hingga 16 Juni, dengan perkiraan puncak arus mudik pada 29 Mei dan arus balik pada 9 Juni.

Eko mengatakan KAI Daop 6 masih menunggu instruksi dari pusat terkait penjualan tiket kereta tambahan Lebaran. "Mudah-mudahan bisa segera dijual karena banyak masyarakat yang sudah menantinya," katanya.

Dia menambahkan tahun lalu tiket kereta tambahan Lebaran habis terjual. Pembelian tiket bisa dilakukan melalui aplikasi atau saluran penjualan resmi yang lain.

Operasi kereta tambahan akan mendukung layanan 17 kereta reguler dari Daop 6 Yogyakarta setiap hari. "Untuk ketersediaan tiket kereta reguler saat Lebaran memang sudah tipis, tetapi masih ada tiket untuk hari H Lebaran," katanya.

Eko mengatakan guna mempersiapkan penyelenggaraan pelayanan angkutan kereta Lebaran petugas KAI rutin melakukan pengecekan rel dan memperbaiki sarana dan prasarana pendukung pelayanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api Mudik Lebaran

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top