Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemudik Kereta Bakal Membeludak, KAI Yogya Siapkan Cadangan

Kereta-kereta tambahan tersebut total menyediakan lebih dari 8.000 tempat duduk per hari dan akan beroperasi selama Masa Angkutan Lebaran 2019.
Ilustrasi - Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga
Ilustrasi - Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Total kapasitas tempat duduk kereta api tambahan Lebaran yang berangkat dari wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta tahun ini naik sekitar 4% jika dibandingkan dengan total tempat duduk pada tahun lalu.

"Tahun lalu kami mengoperasikan enam kereta tambahan untuk Lebaran, sedangkan pada tahun ini ada penambahan satu kereta sehingga totalnya ada tujuh kereta tambahan yang akan dijalankan," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Jumat (5/4/2019).

Menurut dia, KAI Daop 6 dapat mengoperasikan tujuh kereta tambahan untuk Lebaran karena ada kereta cadangan yang bisa dijalankan untuk mendukung mobilitas warga selama arus mudik maupun balik Lebaran.

Kereta tambahan dari Daop 6 yang akan beroperasi semasa Lebaran meliputi Argo Lawu Fakultatif dan Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solo Balapan-Jakarta Gambir, Taksaka Lebaran dan Taksaka Tambahan relasi Yogyakarta-Jakarta Gambir.

Adapun Sancaka Lebaran untuk rute Yogyakarta Tugu-Surabaya Gubeng, Lodaya Lebaran untuk rute Solo-Bandung serta Mataram Ekspres relasi Pasar Senen-Lempuyangan.

Kereta-kereta tambahan tersebut total menyediakan lebih dari 8.000 tempat duduk per hari dan akan beroperasi selama Masa Angkutan Lebaran 2019 yang ditetapkan berlangsung 26 Mei hingga 16 Juni, dengan perkiraan puncak arus mudik pada 29 Mei dan arus balik pada 9 Juni.

Eko mengatakan KAI Daop 6 masih menunggu instruksi dari pusat terkait penjualan tiket kereta tambahan Lebaran. "Mudah-mudahan bisa segera dijual karena banyak masyarakat yang sudah menantinya," katanya.

Dia menambahkan tahun lalu tiket kereta tambahan Lebaran habis terjual. Pembelian tiket bisa dilakukan melalui aplikasi atau saluran penjualan resmi yang lain.

Operasi kereta tambahan akan mendukung layanan 17 kereta reguler dari Daop 6 Yogyakarta setiap hari. "Untuk ketersediaan tiket kereta reguler saat Lebaran memang sudah tipis, tetapi masih ada tiket untuk hari H Lebaran," katanya.

Eko mengatakan guna mempersiapkan penyelenggaraan pelayanan angkutan kereta Lebaran petugas KAI rutin melakukan pengecekan rel dan memperbaiki sarana dan prasarana pendukung pelayanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper