Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Bendungan Margatiga Lampung Timur Sudah Dimulai

Kabupaten Lampung Timur, Lampung, telah memulai membangun Bendungan Margatiga di wilayah Kecamatan Margatiga yang ditargetkan bisa mengairi lahan sawah seluas 10.950 hektare.
ilustrasi bendungan Way Sekampung
ilustrasi bendungan Way Sekampung

Bisnis.com, SUKADANA, Lampung Timur--Kabupaten Lampung Timur, Lampung, telah memulai membangun Bendungan Margatiga di wilayah Kecamatan Margatiga yang ditargetkan bisa mengairi lahan sawah seluas 10.950 hektare.

Kasi Tata Teknik Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lampung Timur, Agustinus Supandriyo dihubungi di Lampung Timur mengatakan pembangunan bendungan itu sudah dikerjakan.

"Pekerjaan Bendungan Margatiga sudah dimulai," kata Agustinus Supandriyo Kamis (4/4/2019).

Dia menyebutkan, pekerjaan yang sudah dilaksanakan, pembuatan base camp, penggalian dan clearing lahan. "Baru sebatas itu informasi yang saya tahu," katanya.

Bendungan Margatiga akan mengenai empat kecataman di Lampung Timur yakni Margatiga, Sekampung, Batanghari,dan Metro Kibang dengan jumlah 18 desa. Kemudian, satu desa di Kota Metro, yaitu Kecamatan Metro Selatan.

Keberadaan Bendungan Margatiga ditargetkan dapat meningkatkan indeks pertanaman hingga 250 persen, sebagai konservasi air, peredam banjir, sumber air bakau dan sebagai tujuan wisata.

Selain Bendungan Marga Tiga, proyek strategis nasional yang dibangun di Lampung Timur adalah Bendung Gerak Jabung di wilayah Kecamatan Jabung dan pengerjaannya sudah 100 persen selesai.

Bendung Gerak Jabung berfungsi sebagai saluran irigasi dan ditargetkan dapat mendukung peningkatan produksi pertanian dan perikanan petani di Lampung Timur, nantinya akan dapat mengairi sekitar 5.638 hektare areal persawahan.

Sumber air Bendung Gerak Jabung berasal dari Sungai Way Sekampung. Selain untuk irigasi, Bendung Gerak Jabung ini juga berfungsi untuk perikanan.

Camat Margatiga, Sadarudin menyambut gembira pembangunan Bendungan Margatiga di wilayahnya. Menurut Sadarudin, dengan adanya bendungan tersebut lahan-lahan sawah warga menjadi tercukupi kebutuhan airnya.

"Kami menerima baik, dengan bendungan air ini lahan-lahan sawah yang tadinya tadah hujan bisa produktif," katanya.

Sadarudin menyatakan, warganya pun menyambut baik. "Respons masyarakat menerima dengan baik, kita ikut gembira adanya Bendungan Margatiga."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper