Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Internet Gratis di Pesawat Diklaim Dongkrak Keterisian Kursi Citilink

Citilink Indonesia, maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC), menyebut layanan inflight wi-fi yang diberikan sejak Januari 2019, mampu mendongrak tingkat keterisian kursi (seat load factor/SLF).
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 21 Maret 2019  |  17:10 WIB
Penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/12). - Bisnis/Rachman
Penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/12). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Citilink Indonesia, maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC), menyebut layanan inflight wi-fi yang diberikan sejak Januari 2019, mampu mendongrak tingkat keterisian kursi (seat load factor/SLF).


Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan satu unit pesawat yang sudah terpasang wi-fi melayani rute Jakarta--Denpasar, Jakarta--Medan, Jakarta--Balikpapan, dan Jakarta--Batam. Sejak pengoperasian pada 16 Januari 2019, terjadi kenaikan SLF.


"Selama Januari hingga Maret 2019, rute-rute tersebut terjadi peningkatan SLF dari 87% menjadi 90,8% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu," kata Juliandra, Kamis (21/3/2019).


Dia menambahkan bahwa peningkatan SLF ini bisa dibilang cukup tinggi kendati selisihnya hanya 3%. Hal tersebut melihat pada periode awal tahun merupakan low season bagi industri penerbangan.


Pihaknya menjelaskan rute lain pada periode yang sama justru mengalami penurunan SLF menjadi rata-rata 78%. Layanan inflight wi-fi dinilai mampu meningkatkan minat masyarakat untuk terbang menggunakan Citilink.


Kenaikan SLF tersebut membuat anak usaha Garuda Indonesia ini menambah pemasangan wi-fi pada pesawat. Pemasangan wi-fi pada pesawat selanjutnya akan dilakukan pada April 2019.


Juliandra menuturkan target pemasangan wi-fi akan mencapai 50 unit pesawat. Pada tahun ini akan ada 8 unit pesawat yang akan terinstal dengan jarak sebulan sekali. "Pemasangan wi-fi untuk tahun depan akan diperbanyak menjadi 4 unit per bulan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

citilink internet wifi
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top