DPR Minta Pemerintah Ambil Langkah Tegas Soal Keseimbangan Harga Ayam

Komisi IV DPR RI berharap pemerintah segera menemukan titik equilibrium antara harga jual peternak dan harga jual pasar basah.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 05 Maret 2019  |  17:11 WIB
DPR Minta Pemerintah Ambil Langkah Tegas Soal Keseimbangan Harga Ayam
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi IV DPR RI berharap pemerintah segera menemukan titik equilibrium antara harga jual peternak dan harga jual pasar basah.

Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mengatakan korporasi selalu dituding sebagai biang kerok bangkrutnya usaha ternak kecil karena dibuat ketergantungan. Maka dari itu, dia berharap pemerintah ambil langkah tegas untuk peternakan rakyat mandiri.

"Harus tegas dong melindungi peternak kecil. Apakah caranya dengan menekan harga supaya tidak dipermainkan atau cara-cara lain dengan mekanisme lain. kalau perlu suatu saat menetapkan ada seperti HPP-nya [Harga Pokok Produksi]," katanya, pada Selasa (5/3).

Pemerintah, lanjutnya, perlu bertanggung jawab soal merosotnya harga ayam serta wajib menentukan titik temu di mana harga yang pantas diperjual-belikan.

"Ini kan sebenarnya positif, produksi kita berlebih daripada kebutuhan. Kelebihan produksi ini harus diikuti dengan meningkatnya ekspor unggas dan produk unggas ke berbagai negara untuk itu pemerintah menghimbau agar para perusahaan integrator untuk terus meningkatkan ekspornya," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
unggas, daging ayam, peternak ayam

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top