Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lokasi Bendungan Nagekeo Diminta Segera Ditetapkan

Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWSNT II) mengharapkan lokasi pembangunan bendungan yang dialokasikan untuk Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, segera ditetapkan pemerintah provinsi bersama kabupaten setempat.
Ilustrasi: Bendung Tami, Jayapura, Papua, Selasa (14/11)./JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi: Bendung Tami, Jayapura, Papua, Selasa (14/11)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, KUPANG--Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWSNT II) mengharapkan lokasi pembangunan bendungan yang dialokasikan untuk Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, segera ditetapkan pemerintah provinsi bersama kabupaten setempat.

"Kami sedang berusaha untuk penetapan lokasi bendungan di Nagekeo ini, mudah-mudahan didorong segera pemerintah kabupaten dan provinsi karena izinnya merupakan wewenang gubernur," kata Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWSNT II) Agus Sosiawan di Kupang, Senin (4/3/2019).

Pihaknya telah mengurus izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) sebagai tahapan awal rencana pembangunan bendungan di Nagekeo. Izin untuk pembangunan tersebut sudah dikeluarkan. Sosiawan mengatakan Pemerintah Kabupaten Nagekeo juga sedang mengidentifikasi dan mendata lahan-lahan yang terdampak rencana pembanguan bendungan tersebut.

"Kalau data lahan ini sudah didapat Pemerintah Kabupaten Nagekeo, kami berharap bisa memproses untuk penetapan lokasinya, karena izin ini harus kita dapatkan dulu sebelum dibangun," kata dia.

Dia menjelaskan Bendungan Nagekeo salah satu di antara tujuh bendungan yang dialokasikan pembangunannya oleh pemerintah pusat untuk masyarakat di Provinsi NTT.

Sebanyak enam bendungan lainnya, yakni Bendungan Raknamo dan Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang, Bendungan Rotiklo di Kabupaten Belu, Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka.

Sebelumnya juga dialokasikan satu bendungan untuk Kota Kupang, namun akibat kendala pembebasan lahan yang berlarut-larut sehingga direncanakan untuk dialihkan ke Kabupaten Belu.

Sosiawan menambahkan dari sejumlah bendungan itu, dua di antaranya telah tuntas dibangun, yaitu Raknamo dan Rotiklot, dan sekarang sedang dalam proses pengisian air.

"Sementara Bendungan Napunggete dan Bendungan Temef sedang berjalan tahap pengerjaan fisiknya," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper