Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Klaim Program Elektrifikasi Mentawai Berjalan Mulus

PT PLN menyatakan bahwa saat ini pasokan listrik di Provinsi Sumatra Barat dalam kategori aman dan andal.
Ilustrasi/Bisnis-Paulus Tandi Bone
Ilustrasi/Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA— PT PLN menyatakan bahwa saat ini pasokan listrik di Provinsi Sumatra Barat dalam kategori aman dan andal.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN Wiluyo Kusdwiharto menyebut secara spesifik untuk Kepulauan Mentawai saat ini dipasok dari 9 Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang tersebar di beberapa kecamatan dengan total 43 unit mesin pembangkit yang beroperasi dengan kapasitas 5.345 kilo watt (kW) dan beban puncak saat ini sebesar 3.364 kW.

“Selain pembangunan listrik perdesaan, dalam upaya pencapaian target Rasio Elektrifikasi di perdesaan yang belum memungkinkan untuk dilaksanakan perluasan jaringan distribusi PT PLN (Persero), Kementerian ESDM juga memberikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE),”katanya melalui keterangan resmi, Selasa (26/2/2019).

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan, program listrik perdesaan sangat dibutuhkan, mengingat listrik merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan taraf hidup, ekonomi, dan sumber daya manusia.

"Bagaimanapun, tidak akan ada kemajuan tanpa infrastruktur jalan yang memadai dan listrik. Keduanya adalah elemen penting untuk menggerakan perekonomian. Jika listrik sudah beroperasi 24 jam, itu bukti kemajuan Mentawai. Masyarakat bisa berinovasi, berbisnis, bahkan membuka usaha mulai dan waktu belajar anak-anak pasti lebih banyak karena mereka dapat belajar di malam hari," ujar Arcandra.

Program listrik perdesaan di Kepulauan Mentawai ini merupakan usaha untuk mewujudkan rasio elektrifikasi desa 100% di Kabupaten Mentawai. Program ini dilaksanakan oleh PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatra Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper