Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RPP Jaminan Produk Halal: Staf Khusus Wapres JK Tegaskan Aturan Ramah Bisnis

Kantor wakil presiden akan mengawal Peraturan Menteri Agama (PMA) terkait Jaminan Produk Halal tetap ramah dunia usaha. 
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  21:12 WIB
Staf Khusus Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wijayanto Samirin mengunjungi kantor redaksi harian Bisnis Indonesia, di Jakarta, Rabu (1/11). - JIBI/Nurul Hidayat
Staf Khusus Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wijayanto Samirin mengunjungi kantor redaksi harian Bisnis Indonesia, di Jakarta, Rabu (1/11). - JIBI/Nurul Hidayat

Kabar24.com, JAKARTA — Kantor wakil presiden akan mengawal Peraturan Menteri Agama (PMA) terkait Jaminan Produk Halal tetap ramah dunia usaha. 

Wijayanto Samirin, Staf Khusus Wakil Presiden RI bidang Ekonomi dan Keuangan menuturkan Rancangan Peraturan Pemerintah Jaminan Produk Halal telah berada di meja Presiden Joko Widodo untuk ditandatangani. 

"Proses penyusunan PP memakan waktu lama, karena ada begitu banyak stakeholder yang terlibat, dan menyangkut dunia usaha yang mewakili 30%—40% ekonomi [nasional]," kata Wijayanto, Rabu (30/1/2019). 

Dia menegaskan RPP yang diajukan ke Presiden merupakan capaian yang sangat positif. Aturan ini telah disusun sedemikian rupa sehingga dapat mengkombinasikan nuansa syariah dengan business friendly.

"Masyarakat muslim terbantu menjalankan ajaran agamanya dan umat non-muslim tidak terganggu. Dalam pembahasannya, pemerintah melibatkan dunia usaha. Alhamdulillah response dunia usaha terhadap RPP tersebut sangat positif," katanya.

Lebih lanjut Wijayanto menegaskan saat ini lintas kementerian dan lembaga, dengan koordinasi Kemeterian Agama sedang menyusun Peraturan Menteri Agama (PMA), yang rencananya akan diluncurkan begitu proses pengundangan PP selesai. 

"Kantor Wapres ikut memfasilitasi karena Pak JK sangat concern dengan isu halal ini," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi jusuf kalla rpp produk halal peraturan pemerintah
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top