Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah Tips Menghias Kantor Berkonsep SOHO

Kantor berkonsep small office home office (SOHO) kini makin digemari dengan pergeseran gaya hidup yang menjadi lebih mobile. Untuk kantor berkonsep SOHO, furnitur yang digunakan harus multifungsi.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 29 Januari 2019  |  19:47 WIB
Ilustrasi - twitter/the88avenue
Ilustrasi - twitter/the88avenue

Bisnis.com, JAKARTA – Kantor berkonsep small office home office (SOHO) kini makin digemari dengan pergeseran gaya hidup yang menjadi lebih mobile. Untuk kantor berkonsep SOHO, furnitur yang digunakan harus multifungsi.

Creative Director Urban Quarter Adelaide Chintara mengatakan, untuk mengisi ruang kantor pribadi seperti SOHO disarankan menggunakan meja yang berukuran tidak terlalu besar dan kaku, sehingga selain bisa menjadi meja kerja, bisa juga dijadikan meja yang lain.

“Untuk kantor pribadi terutama yang di rumah bisa memilih meja yang lebih multifungsi, bisa sekalian untuk meja rias, meja console. Kalau di rumah juga tidak perlu pakai kursi kantor yang beroda, jadi kursi kayu kecil saja masih cocok untuk SOHO,” ujarnya usai acara Urban Quarter’s Media Gathering di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Selanjutnya, Pakar Feng Shui Jenie Kumala Dewi mengatakan, untuk SOHO pemilihan lokasi dan disesuaikan dengan jenis usaha yang tepat juga penting.

“Untuk kantor konsultan misalnya boleh pakai SOHO, untuk kantor periklanan juga masih masuk, misalnya yang butuh orang banyak juga masih oke,” katanya.

Namun, Jenie melanjutkan, untuk kantor dengan struktur organisasi, ada pimpinan dan bawahan, disarankan agar menggunakan ruang kantor yang formal. Menurut dia, ruang dan meja kerja pimpinan baiknya terpisah dengan bawahan agar aura pimpinan lebih terpancar.

“Seandainya SOHO untuk kerja sendiri mejanya mau kecil nggak apa-apa, tapi kalau punya pimpinan, mejanya harus besar dong, ukurannya harus lebih besar dari meja anak buahnya. Sering kan, di SOHO pimpinan malah nggak punya meja kerja, malah pakai meja meeting,” tambahnya.

Kemudian, untuk penggunaan warna di SOHO, terutama untuk industri kreatif, Jenie mengatakan untuk mencoba membaurkan ruangan dengan cat dinding atau furnitur yang berwarna hijau dan warna-warna logam, seperti warna bronze, emas, perak, putih, dan cokelat. Warna-warna ini, kata Jenie, bisa memacu krativitas pengguna ruangan.

Selanjutnya, bisa juga menggunakan perabotan bahan kayu untuk mengisi ruangan sehingga ruangan terasa lebih nyaman dan hangat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

soho
Editor : M. Rochmad Purboyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top