Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ophir Beri Ruang Medco Melakukan Penawaran Ulang, Ini Komentar Hilmi Panigoro

Ophir Energy Ltd. memperpanjang tenggat untuk penawaran Medco Energi Global Pte. Ltd. (MEG) terkait dengan jual beli saham.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 28 Januari 2019  |  21:30 WIB
Ilustrasi pengeboran minyak - Reuters/Ernest Scheyder
Ilustrasi pengeboran minyak - Reuters/Ernest Scheyder

Bisnis.com, JAKARTA — Ophir Energy Ltd. memperpanjang tenggat untuk penawaran Medco Energi Global Pte. Ltd. (MEG) terkait dengan jual beli saham.

Berdasarkan situs resminya, Ophir telah menyetujui perpanjangan tenggat untuk Medco Global dalam menyampaikan niat penawaran pembelian saham perusahaan energi yang melantai di bursa efek London.

“Panel telah menyetujui perpanjangan tenggat waktu untuk Medco Global untuk mengumumkan niat tegas dalam membuat penawaran untuk Ophir dan mengumumkan atau tidak berniat mengajukan penawaran,” tulis Ophir dalam keterangan resmi di situs perusahaan, Senin (28/1/2019).

Ophir Energy memberikan tenggat tambahan hingga 31 Januari 2019 pukul 17.00 waktu setempat. Sebelumnya, Medco diberi waktu hingga 28 Januari 2019 pukul 17.00 waktu London untuk mengumumkan keputusannya, dengan tegas untuk melakukan penawaran atau tidak melakukan penawaran atas saham Ophir.

Berdasarkan informasi di situs Ophir, kapitalisasi pasar perusahaan tersebut mencapai 252,46 juta poundsterling atau sekitar Rp 4,63 triliun per 31 Desember 2018.

Kedua belah pihak sedang melakukan negosiasi lanjutan untuk sepakat pada rekomendasi nilai transaksi sebesar 55 pence per saham Ophir.

Pada 14 Januari 2019, Ophir Energy Ltd. menolak penawaran Medco Energi Global Pte Ltd (MEG) karena harga yang ditawarkan Arifin Panigoro Cs. di bawah harga wajar Ophir.

Berdasarkan situs resminya, keputusan itu merupakan hasil rapat petinggi Ophir mengenai tawaran pembelian 48,5 % saham oleh Medco.

“Dewan perusahaan dengan suara bulat menolak proposal tersebut karena nilainya di bawah harga wajar,” seperti tertulis dalam keterangan resmi.

Awal tahun ini PT Medco Energi Internasional Tbk. melalui anak usaha, Medco Energi Global Pte. Ltd., menunjukkan ketertarikannya kepemilikan saham di Ophir Energy Plc.

Berdasarkan keterbukaan informasi di laman resmi Bursa Efek Indonesia, Direktur Medco Energi Internasional Anthony R. Mathias menyampaikan tengah membahas mengenai kemungkinan adanya penawaran untuk pembelian secara tunai atas seluruh saham yang telah diterbitkan dan akan diterbitkan Ophir Energy Plc (Ophir).

Adapun, Manajemen emiten berkode saham MEDC itu menyampaikan tujuan dari pembelian efek tersebut yakni pengembangan usaha.

Saat dimintai konfirmasi, Presiden Direktur Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro mengatakan saat ini belum dapat menyampaikan informasi terkait fakta material tersebut. Pihaknya masih menunggu disclosure detail resmi dari kedua perusahaan diumumkan.

“Insyaallah minggu depan saya kabarin,” ujarnya membalas pesan singkat kepada Bisnis, Rabu (2/1/2019).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medco
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top