Hari Ini, Menhub Panggil Maskapai Bahas Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal bertemu dengan direktur sejumlah maskapai untuk membahas mahalnya harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik, Minggu (13/1/2019).
JIBI | 13 Januari 2019 10:47 WIB
Penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/12). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bakal bertemu dengan direktur sejumlah maskapai untuk membahas mahalnya harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik, Minggu (13/1/2019).

"Saya, hari ini pukul 11.00 WIB, memanggil semua direktur [maskapai]. Saya akan pertanyakan mengapa Anda menaikkan [harga tiket]. Beberapa hari lalu, saya sudah meminta kepada mereka untuk menurunkan tarif-tarif itu," paparnya seperti dilansir Tempo, Minggu (13/1).

Mahalnya harga tiket pesawat untuk rute domestik dikeluhkan oleh masyarakat. Bahkan, muncul petisi online di Change.org yang dibuat oleh Iskandar Zulkarnain.

Isi petisi yang dibuat pada 20 Desember 2018 itu adalah menuntut pemerintah agar harga tiket pesawat rute domestik diturunkan. Pada Minggu (13/1) pukul 10.43 WIB, petisi ini sudah ditandatangani oleh 161.641 orang. 

Menurut Budi Karya, saat ini tarif-tarif tiket pesawat tersebut memang telah naik menuju tarif batas atas tapi masih belum melebihi tarif batas atas yang ditetapkan oleh pemerintah. Dia mengaku dirinya prihatin atas adanya kenaikan tersebut, tetapi juga meminta masyarakat untuk melihat kenaikan tarif ini secara global.

Menhub menambahkan dirinya sudah berkoordinasi dengan Kementerian BUMN terkait hal ini serta telah meminta salah satu maskapai, yakni Lion Air Group, untuk menertibkan tarifnya.

"Saya minta mereka untuk melakukan kenaikan secara lebih bijaksana, lebih wise, bahwa ada akibat-akibatnya kami akan coba tertibkan," tuturnya.

Sumber : Tempo

Tag : kemenhub, tiket pesawat
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top