Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antihama dari Limbah Cangkang Kepiting-Udang Ini Juga Bisa untuk Pangawet Alami Sayuran dan Buah

Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Ronny Martien berhasil mengolah limbah cangkang kepiting dan udang menjadi formula 'nanokitosan' untuk menekan hama pertanian yang ramah lingkungan.
Proyek antihama Nanokitosan yang dikembangkan Ronny Martien. Video koleksi Ronny Martien di Youtube
Proyek antihama Nanokitosan yang dikembangkan Ronny Martien. Video koleksi Ronny Martien di Youtube

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Ronny Martien berhasil mengolah limbah cangkang kepiting dan udang menjadi formula 'nanokitosan' untuk menekan hama pertanian yang ramah lingkungan.

Ronny saat jumpa pers di Kampus UGM di Yogyakarta, Jumat mengatakan ide pengembangan formula nanokitosan itu berawal dari keprihatinannya terhadap maraknya penggunaan pestisida untuk membasmi hama, khususnya di perkebunan sayur dan buah di daerah Ngablak Kopeng, Jawa Tengah.

"Penggunaan pestisida dalam jumlah besar yang dilakulan petani memang mampu mengurangi serangan hama perkebunan, tetapi itu berbahaya," kata Ronny, Jumat (11/1/2019), seperti dilaporkan Antara.

Dengan keprihatinan itu, kata dia, lantas muncul ide untuk membuat nanokitosan untuk melindungi tanaman dari hama dari limbah cangkang kepiting dan udang.

Selain mengandung senyawa kitin yang kemudian bisa diubah menjadi kitosan dalam ukuran nano partikel berwujud cair, pemilihan cangkang udang dan kepiting itu, menurut Ronny, cukup strategis karena sumber daya kelautan di Indonesia cukup melimpah.

Formula nanokitosan yang dikembangkan, menurut dia, mengadung antimikroba sehingga memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur serta bersifat non-toksik.

"Bukan seperti pestisida yang membunuh hama, tetapi nanokitosan disemprotkan untuk melapisi tanaman sehingga melindungi dari serangan hama," kata dia.

Ia mengatakan karena nanokitosan itu merupakan biopolimer atau polimer alam maka aman bagi manusia dan ramah lingkungan. "Formula ini juga dapat menyuburkan tanaman karena memiliki kemampuan mengikat unsur hara di alam sehingga dapat meningkatkan produktivitas tanaman," kata Ronny.

Ia mengatakan saat ini formula tersebut telah dimanfaatkan oleh petani di berbagai wilayah Indonesia seperti di Kopeng, Tawangmangu, Kediri, dan Lombok Barat.

Lebih dari itu, ia menambahkan, formula dari limbah cangkang kepiting dan udang yang ia kembangkan itu juga dapat dimanfaatkan sebagai pengawet buah, sayur, ikan, serta bahan pangan lainnya yang aman bagi tubuh.

"Bisa memperpanjang umur simpan produk makanan hingga tiga bulan dan juga menjaga kualitas produk," kata Ronny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper