MacKenzie Bezos Calon Perempuan Terkaya Dunia, Siapa Saja yang Masuk Daftar?

Menurut data Bloomberg, sebagian besar dari 66 perempuan terkaya dunia mendapatkan kekayaannya dari warisan atau perceraian.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 10 Januari 2019  |  13:07 WIB
MacKenzie Bezos Calon Perempuan Terkaya Dunia, Siapa Saja yang Masuk Daftar?
Francoise Bettencourt-Meyers, cucu pendiri L'Oreal SA. - Reuters/Regis Duvignau

Bisnis.com, JAKARTA - Perceraian MacKenzie Bezos menjadi perhatian dunia. Bukan hanya karena perceraian ini melibatkan Jeff Bezos, tapi juga karena terkait dengan kekayaan bos Amazon itu.

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (10/1/2019), seluruh aset Jeff-Mackenzie bisa dipecah menjadi dua nantinya. Separuhnya diserahkan kepada Jeff, sedangkan separuhnya lagi dimiliki MacKenzie.

Jika itu yang terjadi, maka MacKenzie bisa menjadi perempuan terkaya di dunia. Saat ini, kekayaan Jeff Bezos mencapai US$137 miliar atau sekitar Rp1.923 triliun.

Jeff Bezos dan MacKenzie Bezos./Reuters

Menurut data Bloomberg, sebagian besar dari 66 perempuan terkaya dunia mendapatkan kekayaannya dari warisan atau perceraian. Hanya ada 6 perempuan yang mengumpulkan aset-asetnya sendiri, jauh di bawah para lelaki dengan kategori yang sama yang jumlahnya 313 orang.

Bloomberg Billionaires Index mencatat Francoise Bettencourt Meyers sebagai perempuan terkaya di dunia dengan kekayaan senilai US$45,7 miliar atau lebih dari Rp640 miliar. Saat ini, dia berada di posisi 11 daftar tersebut.

Posisi berikutnya ditempati Alice Walton dengan kekayaan US$43,6 miliar. Jika Meyers adalah cucu pendiri perusahaan kosmetik L'Oreal SA, maka Walton merupakan anak pendiri Walmart yaitu Sam Walton.

Jacqueline Mars./Istimewa

Selanjutnya, Jacqueline Mars dengan aset sebesar US$33,3 miliar. Jika namanya mengingatkan Anda terhadap merek cokelat batangan Mars, maka Anda berhasil menebak dengan tepat.

Dia adalah anak Audrey Ruth dan Forrest Mars Sr. serta cucu Frank C. Mars. Kakeknya adalah pendiri Mars Inc., yang memproduksi berbagai macam permen dan produk cokelat, makanan hewan, dan makanan kemasan.

Selain Mars, merek lain yang diproduksi perusahaan itu antara lain M&Ms, Snickers, Juicy Fruit, Pedigree, dan Whiskas.

Berikutnya ada Susanne Klatten, yang menguasai 21% saham pabrikan otomotif Jerman, BMW. Dia juga mempunyai saham di perusahaan kimia Altana, produsen karbon SGL Carbon, pembuat kartu kredit Entrust Datacard, dan pengembang turbin Nordex.

Posisi terakhir dalam lima besar perempuan terkaya adalah Laurene Powell Jobs, istri mendiang Steve Jobs. Dia mewarisi saham Walt Disney dan Apple dari suaminya.

Yang Huiyan./SCMP

Dari Asia, Yang Huiyan berada di posisi teratas dengan kekayaan senilai US$17,7 miliar. Dia mengontrol Country Garden Holdings, perusahaan real estat China yang mengelola berbagai properti dan hotel di seantero China.

Ayah Yang menjadi salah satu pendiri Country Garden pada 1992 dan mengalihkan kepemilikan sahamnya kepada putrinya itu pada 2005. Pada 2017, perusahaan tersebut meraup pendapatan sebesar US$33,6 miliar.

Berikut 10 perempuan terkaya dunia versi Bloomberg Billionaires Index per Kamis (10/1):

Ranking di daftar orang terkayaNamaNilai kekayaan totalNegara
11Francoise Bettencourt MeyersUS$45,7 miliarPrancis
16Alice WaltonUS$43,6 miliarAS
21Jacqueline MarsUS$33,3 miliarAS
37Susanne KlattenUS$20,3 miliarJerman
46Laurene Powell JobsUS$18,2 miliarAS
49Yang HuiyanUS$17,7 miliarChina
66Elaine MarshallUS$15,1 miliarAS
67Gina RinehartUS$15,1 miliarAustralia
68Iris FontbonaUS$15 miliarChile
77Charlene de Carvalho-HeinekenUS$14,1 miliarBelanda

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
orang terkaya, amazon.com

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top