Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Provinsi Dapat Dana Hibah Rp500 Miliar. Ini Peruntukannya

Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat mengalokasikan dana hibah Rp500 miliar kepada empat provinsi pada tahun depan.
Jalan nasional/Ilustrasi-Bisnis.com
Jalan nasional/Ilustrasi-Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat mengalokasikan dana hibah Rp500 miliar kepada empat provinsi pada tahun depan untuk peningkatan kualitas jalan.

Empat provinsi itu adalah Bangka Belitung, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Timur. Dana hibah diberikan kepada empat provinsi tersebut untuk mendukung pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional di tiap-tiap provinsi.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Perkotaan & Fasilitasi Jalan Daerah, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian mengatakan bahwa dana hibah diharapkan bisa membantu tata kelola dan kualitas pemeliharaan jaringan jalan di daerah.

Dalam program hibah jalan daerah (PHJD), pemerintah daerah akan membiayai terlebih dahulu kegiatan fisik dan nonfisik. Selanjutnya, hibah baru akan diberikan bila calon penerima telah telah memenuhi standar kualitas yang ditentukan.

Hedy mengemukakan bahwa pihaknya bakal terus mendampingi pemerintah daerah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan dan pemeliharaan jalan.

"Target [panjang jalan] yang ditangani dalam program PHJD tahun 2019 mencapai 780,86 kilometer," ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (18/12/2018).

Menurut Hedy, kemampuan pemerintah daerah dalam mengelola jalan di daerahnya diharapkan bisa meningkatkan nilai guna dari jaringan jalan yang ada. Pasalnya, kualitas jalan yang baik bakal merangsang kegiatan ekonomi dan investasi baru di daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper