Begini Rencana Kemenperin Kembangkan Manufaktur Furnitur

Kementerian Perindustrian menyebutkan pengembangan industri furnitur nasional berfokus pada moderenisasi dan masuknya investasi baru.
Anggara Pernando | 04 November 2018 22:18 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan kursi rotan untuk acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, di sentra industri rotan Tangsan, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (2/11). - ANTARA/Maulana Surya

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian menyebutkan pengembangan industri furnitur nasional berfokus pada moderenisasi dan masuknya investasi baru.

Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono menuturkan untuk industri furnitur, teknologi finishing dan desain jadi perhatian untuk dikembangkan. Upaya yang dilakukan di antaranya melalui mendorong modernisasi peralatan furnitur dan pengolahan kayu.

"ini sesuai dengan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) Tahun 2015-2035," kata Sigit, Sabtu (3/11/2018).

Dia menyebutkan fokus pengembangannya antara lain lewat teknologi desain furnitur dengan menggunakan computer-aided design (CAD) dan computer-aided manufacturing (CAM) yang terintegrasi jaringan internet (internet of things).

Strategi ini juga sejalan dengan roadmap Making Indonesia 4.0 yang berisi arah dan strategi bagi pergerakan industri Indonesia di masa depan.

Pemerintah, kata dia, juga memfasilitasi keikutsertaan pelaku industri furnitur pada pameran baik di dalam maupun di luar negeri. Termasuk penyiapan konsep sistem logistik bahan baku nasional, serta pemberian fasilitas insentif pajak kepada industri furnitur.

Tag : furnitur
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top