Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Siapkan Rp40,3 Triliun untuk Pembangunan & Preservasi Jalan di 2019

Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran sebanyak Rp40,3 triliun untuk pembangunan dan preservasi jalan pada 2019.
Jalan nasional/Ilustrasi-Bisnis.com
Jalan nasional/Ilustrasi-Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA --- Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran sebanyak Rp40,3 triliun untuk pembangunan dan preservasi jalan pada 2019.

Direktur Jenderal Binar Marga, Sugiyartanto mengatakan pihaknya juga mendapat alokasi Rp5,1 triliun di luar pagu yang tersedia pada tahun depan. Jumlah tersebut disiapkan untuk pembayaran availibilitu paymen atau ketersediaan layanan pada proyek kerja sama dengan badan usaha (KPBU).

Dia menerangkan, anggaran untuk preservasi jalan tetap menjadi yang terbesar, yakni sebanyak Rp18,5 triliun. Selanjutnya, anggaran juga disiapkan juga untuk preservasi jembatan sebanyak Rp4,3 triliun dan pembangunan jalan sebesar Rp6,2 triliun.

"Kami juga menganggarkan Rp1,9 triliun untuk pembangunan jalan tol yang menjadi porsi pemerintah," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Senin (29/10/2018).

Dia menambahkan, pembangunan jalan tol yang menjadi porsi pemerintah antara lain berlokasi di Kalimantan, yakni ruas Balikpapan-Samarinda dan Sulawesi, yaitu ruas Manado-Bitung. Secara keseluruhan, tahun depan ruas tol baru ditargetkan mencapai 1.678 unit.

Selain jalan, Ditjen Bina Marga juga berniat membangun 166 unit jembatan gantung, bertambah dari jumlah yang dibangun sepanjang 2018 sebanyak 134 unit. Sugiyartanto menyebut, pada November 2018 pihaknya menargetkan penyelesaian 50 unit jembatan dan 84 unit jembatan di akhir Desember 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper