Bangun PLTS, PT Len Industri Raih Solar Power Portal Award

PT Len Industri (Persero) raih penghargaan Solar Power Portal Award 2018 untuk kategori Community Solar Instalation of the Year di Birmingham, Inggris pada Oktober ini.
Wibi Pangestu Pratama | 22 Oktober 2018 20:37 WIB
Teknisi menyelesaikan pembuatan panel untuk sistem persinyalan kereta api di ruang produksi PT LEN Industri, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/1). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – PT Len Industri (Persero) raih penghargaan Solar Power Portal Award 2018 untuk kategori Community Solar Instalation of the Year di Birmingham, Inggris pada Oktober ini.

Penghargaan tersebut diraih PT Len (17/10) berkat kerja samanya dengan PT Surya Energi Indotama (SEI) dan Proinso UK dalam membangun off-grid pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 492 kWp di Sumba Timur. Penghargaan itu pun diraih bertepatan dengan 27 tahun PT Len menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pembangkit yang dibangun PT Len mengalirkan listrik ke 852 rumah dan 57 fasilitas publik di area-area terpencil dalam lintasan sepanjang 48 km. Zakky Gamal Yasin, Direktur Utama PT Len menjelaskan pembangunan tersebut penting untuk menjangkau tempat yang tak terjangkau listrik dari PLN. PLTS pun dinilai dapat menyediakan listrik dengan biaya lebih murah dibanding menggunakan BBM.

Proyek pembangkit tersebut merupakan program The Renewable Energy Grant for Community yang digagas PT LEN untuk memfasilitasi listrik bagi warga di daerah terpencil. Ke depannya, Zakky menjelaskan proyek tersebut akan dikelola warga melalui BUMDes. Masyarakat pun akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

"Penghargaan ini menjadi salah satu wujud komitmen PT Len Industri dengan anak-anak perusahaannya untuk mengoptimalkan kemampuan anak bangsa menuju industri teknologi kelas dunia," ujar Zakky dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis pada Senin (22/10).

PT Len telah membangun 383 unit perangkat Base Transceiver Station (BTS) tenaga surya melalui anak perusahaannya, SEI. Sebanyak 317 unit dibangun dalam rentang 2016-2017. Pada tahun ini SEI telah membangun 7 unit dan melakukan investasi pada 66 unit berikutnya.

Selain PT SEI, Len pun memiliki beberapa anak perusahaan yang mencakup bidang elektronika, tenaga listrik, telekomunikasi, dan komponen. Anak-anak perusahaan tersebut adalah PT Len Railway Systems, PT Eltran Indonesia, PT Len Telekomunikasi Indonesia, dan PT Len Rekaprima Semesta yang merupakan anak usaha PT Len Railways Systems.

Tag : len industri
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top