Dekranas Dorong Desainer Daerah Kolaborasi dengan Perancang Ternama

Dekranas) mendorong para desainer daerah untuk berkolaborasi dengan sejumlah perancang busana ternama melalui ajang fashion show pada Pameran Kriya Nusa 2018.
Newswire | 26 September 2018 19:06 WIB
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kedua kanan) dan Ibu Tuti Sutiawati Try Sutrisno (keempat kanan) menyaksikan pagelaran busana pada pembukaan Pameran Kriya Nusa di Jakarta, Rabu (26/9/2018). Pameran Kriya Nusa yang menampilkan karya kreatif kerajinan Nusantara, - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) mendorong para desainer daerah untuk berkolaborasi dengan sejumlah perancang busana ternama melalui ajang fashion show pada Pameran Kriya Nusa 2018 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu (26/9/2018).

"Berbeda dari pameran Kriya Nusa sebelumnya, tahun ini kita (Dekranas) mencoba mendorong para disainer daerah untuk berkolaborasi dengan disainer dari pusat. Jadi, tiap disainer daerah yang terlibat pada peragaan busana didampingi oleh sejumlah perancang ternama di Indonesia," kata Ketua Pelaksana Bidang Acara Pameran Kriya Nusa 2018 Bintang Puspayoga.

Dia engemukakan, ada 10 perancang busana daerah dan 10 desainer nasional yang terlibat dalam kegiatan peragaan tersebut.

Dalam peragaan busana tahun ini, desainer yang berkolaborasi dengan perancang pilihan Dekranas, berasal dari Sintang, Sabu, Cual, Donggala, Tuban, dan Ulap Doyo.

Sementara itu, perancang busana ternama yang dipilih Dekranas untuk mendampingi desainer daerah, antara lain Ghea Pangabean, Oscar Lawalata, Didit Maulana, Carmanita, dan Naniek Rahmat.

"Misi utama dari kolaborasi ini agar para perancang busana di daerah dapat menambah wawasan dan meningkatkan kreativitas dalam berkarya," kata Bintang.

Sebanyak 10 desainer daerah berkolaborasi dengan perancang busana ternama di Indonesia pada Pameran Kriya Nusa 2018 yang diselenggarakan Dekranas di JCC pada 26-30 September.

Dia juga berharap para perancang busana ternama itu dapat menjadi insipirasi bagi 10 desainer daerah terpilih agar karyanya dikenal tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi oleh warga dunia.

Di samping peragaan busana, Dekranas juga mengadakan acara bincang-bincang mengenai belanja daring dan rencananya akan dihadiri oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo Septriana Tangkary pada 28 September.

Pameran Kriya Nusa 2018 merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Dekranas.

Untuk tahun ini, penyelenggara mengangkat tema "Tingkatkan Sinergitas & Kreativitas Wirausaha Milenial",dan mengangkat motif Pucuk Rebung dari Aceh sebagai ikon kegiatan.

Ada sekitar 313 stan kerajinan dan 21 stan kuliner yang berpartisipasi dalam Pameran KriyaNusa 2018.

Sebelumnya, Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara pembukaan pameran yang digelar pada Rabu pagi.

Dalam acara pembukaan, Iriana didampingi oleh Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pembukaan pameran Kriya Nusa 2018 turut dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, serta Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, dan para duta besar negara sahabat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dekranas, kriya

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top