Menhub: Indonesia-Australia Sepakat Kerja Sama Semua Lini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Indonesia dan Australia sepakat kerja sama di semua lini seiring pertemuan dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, belum lama ini.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 03 September 2018  |  19:40 WIB
Menhub: Indonesia-Australia Sepakat Kerja Sama Semua Lini
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan paparan pada Dialog Nasional Sinergi Membangun Bangsa di kampus UPI, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/8/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Indonesia dan Australia sepakat kerja sama di semua lini seiring pertemuan dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, belum lama ini.

Selain itu, kedua negara juga telah sepakat mengadakan kerja sama dalam bidang pendidikan baik formal maupun hal-hal yang berhubungan dengan Kemenhub.

"Kita berkesempatan untuk kerja sama dalam pendidikan baik formal maupun hal-hal yang berhubungan dengan Kemenhub. Kita sepakat kerja sama di semua lini dari darat, udara, kereta api maupun laut. Karena Australia memiliki kompetensi untuk dibagi dan kita juga memiliki kebutuhan tentang itu," " ujar Menhub Budi dikutip siaran persnya, Senin (3/9/2018).

Sebagai contoh, kata Budi, dalam hal transportasi kereta api, Negeri Kangguru itu cukup kompeten di bidangnya sehingga pihaknya bisa banyak belajar dari Australia.

"Seperti rel yang (ukuran) kecil di Australia masih dipakai. Untuk sektor laut juga banyak, karena mereka memiliki keahlian yang baik, sejarahnya Australia dan Indonesia Bagian Timur kan dekat," ujar Menhub.

Di samping itu, kedua negara berkomitmen memperkuat konektivitas antar kedua negara salah satunya menjajaki peningkatan konektivitas antara Indonesia Bagian Timur dengan Australia Bagian Utara.

Peningkatan konektivitas tersebut dengan mengkaji rute penerbangan Nusa Tenggara Timur menuju Darwin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Budi Karya Sumadi

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top