Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Jembatan Musi IV Sudah 90,3%

Hingga 26 Agustus 2018, progres fisik pembangunan jembatan Musi IV di Sumatera Selatan telah mencapai 90,3% dengan menyisakan pekerjaan penyambungan bentang tengah.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan jembatan Musi IV di Palembang, Sumatera Selatan/Istimewa
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan jembatan Musi IV di Palembang, Sumatera Selatan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Hingga 26 Agustus 2018, progres fisik pembangunan jembatan Musi IV di Sumatera Selatan telah mencapai 90,3% dengan menyisakan pekerjaan penyambungan bentang tengah.

Hal tersebut diketahui dalam peninjauan yang dilakukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di sela perhelatan Asian Games ke-18 di Palembang, Sumatera Selatan.

Peninjauan dilakukan menggunakan perahu menyusuri Sungai Musi yang ramai dengan lalu lintas kapal barang dan penumpang.

Basuki mengatakan kehadiran jembatan yang berada diatas Sungai Musi ini sudah sangat ditunggu masyarakat Sumatera Selatan karena akan mengurangi beban lalu lintas Jembatan Ampera dan mendukung kelancaran mobilitas keluar masuk Metropolitan Palembang.

“Infrastruktur jembatan, flyover dan underpas disamping memperlancar arus lalu lintas juga perlu dibuat indah dengan memasukan elemen budaya lokal sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota,” kata Basuki dikutip dari keterangan resmi, Minggu (26/8/2018).

Pekerjaan konstruksi jembatan dilakukan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk. sejak Maret 2016. Targetnya, jembatan tersebut sudah bisa digunakan pada November 2018.

Jembatan Musi IV merupakan jembatan tipe Cable Stay Extradosed dan PC U-Girder yang dibangun dengan biaya sebesar Rp553 miliar.

Jembatan tersebut memiliki total panjang 1.130 meter dengan panjang bentang utama 312,8 meter dan dilengkapi dengan jembatan penghubung dan jalan pendekat pada kedua sisi. Adapun, lebar jembatan mencapai 12 meter yang digunakan untuk bahu jalan dan dua lajur kendaraan.

Aspek kualitas konstruksi dan keindahan jembatan dimaksimalkan dalam pembangunan. Salah satunya, pemasangan ornamen singkar suku Paksangko yang merupakan perhiasan kepala khas Kerajaan Sriwijaya pada kedua tiang jembatan.

Jembatan ini juga akan dilengkapi lampu artistik yang akan menambah indah lansekap dan arsitektur Kota Palembang di kala malam. Aspek keamanan jembatan menjadi prioritas utama melalui penerapan Structural Health Monitoring System (SHSM) untuk memonitor kesehatan jembatan dan mengirimkan informasi ke pusat data.

Sejumlah infrastruktur juga dibangun Kementerian PUPR untuk mendukung konektivitas dan kelancaran selama pelaksanaan Asian Games 18 di Palembang.

Sebagian diantaranya sudah rampung, seperti Flyover Keramasan dan Simpang Bandara-Tanjung Api-Api, preservasi Jembatan Ampera dan jalan nasional di kota Palembang.

Sementara itu, yang masih dalam tahap pembangunan yakni Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper