Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandatori B30 Diprediksi Mampu Kurangi Konsumsi Solar Hingga 9 Juta KL

Penerapan program campuran biodiesel 30% (B30) diperkirakan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar jenis Solar hingga 9 juta kiloliter (kl) per tahun.
Ilustrasi biodiesel/Reuters
Ilustrasi biodiesel/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Penerapan program campuran biodiesel 30% (B30) diperkirakan mampu mengurangi konsumsi bahan bakar jenis Solar hingga 9 juta kiloliter (KL) per tahun.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan konsumsi solar dalam negeri saat ini mencapai sekitar 32 juta KL per tahun. Sebanyak 30% dari jumlah tersebut atau 9 juta KL akan digantikan dengan minyak kelapa sawit.

“Mungkin sekitar 8,1-8,2 juta ton,” ujarnya di Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Menurut Dadan, ketersediaan minyak sawit dalam negeri sekarang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan penerapan program B30. Hal ini mengingat kapasitas produksi bahan bakar nabati dalam negeri sudah mencapai 12 juta KL.

“Kapasitas 12 juta KL yang dibutuhkan 9 juta KL, cukup untuk B30. Malah sisa 3 juta KL,” sebutnya.

Terkait rencana percepatan penerapan B30 pada tahun depan, Kementerian ESDM menyatakan pemerintah tidak hanya memastikan ketersediaan bahan baku tapi juga kesiapan mesin dari industri.

Beberapa usulan pelaku industri juga akan menjadi pertimbangan pemerintah, seperti cara pencampuran biodiesel.

“Cara mencampurnya juga harus siap. Kalau biodieselnya bagus, BBM bagus, tapi cara mencampurnya tidak benar, disimpan tidak benar, itu juga pengaruh. Teman-teman di Komite Teknis Bionergi sudah menyusun dan menerapkan untuk pedoman handling biodiesel," ungkap Dadan.

Kementerian ESDM telah menjadwalkan pelaksanaan uji jalan atau road test penggunaan campuran biodiesel 30% (B30) mulai bulan depan. Road test akan berlangsung selama enam bulan, yakni Agustus 2018-Maret 2019.

Rencananya, uji coba akan dilakukan dengan jarak tempuh 40.000 kilometer (km) dengan rute Serpong-Tol Jagorawi-Puncak-Cianjur-Padalarang-Cileunyi-Bandung-Lembang-Subang-Cikampek-Pamanukan-Karawang-Cibitung-Serpong.

Bila hasil road test dinyatakan berhasil, pemerintah akan melakukan review dan finalisasi spek SNI biodiesel yang diperkirakan berlangsung Januari-Mei 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper