Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ESDM Percepat Uji Jalan B30

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencanangkan pelaksanaan uji jalan atau road test penggunaan campuran biodiesel 30% (B30) mulai bulan depan.
Ilustrasi biodiesel/Reuters
Ilustrasi biodiesel/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencanangkan pelaksanaan uji jalan atau road test penggunaan campuran biodiesel 30% (B30) mulai bulan depan.

Road test akan berlangsung selama enam bulan, yakni Agustus 2018-Maret 2019.

“B30 kalau lihat roadmap memang 2020, road test 2019. Tapi karena kondisi neraca perdagangan defisit dan meningkatkan ketahanan enegi, maka B30 dipercepat,” ujar Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal (Ditjen) Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Andriah Feby Misnah dalam rapat koordinasi persiapan uji penerapan B30 di Kantor Ditjen EBTKE, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Rencananya, uji coba akan dilakukan dengan jarak tempuh 40.000 kilometer (km) dengan rute Serpong-Tol Jagorawi-Puncak-Cianjur-Padalarang-Cileunyi-Bandung-Lembang-Subang-Cikampek-Pamanukan-Karawang-Cibitung-Serpong.

Bila hasil road test dinyatakan berhasil, pemerintah akan melakukan review dan finalisasi spek SNI biodiesel yang diperkirakan berlangsung Januari-Mei 2019.

Untuk persiapan pelaksanaan road test tersebut, Ditjen EBTKE mengundang sejumlah perwakilan industri untuk membahas kesiapan manufaktur industri alat berat untuk penerapan B20 dan B30, serta persiapan uji penerapan B30 pada Rabu (25/7).

Anggota Kompartemen Teknologi Lingkungan dan Industri Gaikindo Ketut Suciarta menegaskan pihaknya membutuhkan kepastian akan percepatan program B30.

“Kepastian dipercepat penting, kalau maju otomatis persiapan di manufaktur di-running. Kami juga harus bergerak,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper