Kemenhub : Cuaca Buruk Sebabkan Lambung Kapal KM Lestari Maju Bocor

Kementerian Perhubungan memastikan cuaca buruk menjadi penyebab lambung Kapal Motor Lestari Maju kemasukan air saat berlayar dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, menuju Pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar, di Sulawesi Selatan.
Sri Mas Sari | 03 Juli 2018 17:13 WIB
Suasana saat kapal feri bernama KM Lestari Maju tenggelam, di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa siang (3/7/2018). - Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan memastikan cuaca buruk menjadi penyebab lambung Kapal Motor Lestari Maju kemasukan air saat berlayar dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, menuju Pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar, di Sulawesi Selatan.
 
Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bulukumba, Zainuddin, mengatakan para penumpang yang berjumlah 139 orang sedang dalam proses evakuasi oleh kapal-kapal nelayan dan tim evakuasi dari Badan SAR Nasional (Basarnas). 
 
"Adapun kapal-kapal besar tidak dapat mendekat dikarenakan cuaca buruk," katanta dalam keterangan resmi, Selasa (3/7/2018).
 
Saat ini kapal tersebut telah dikandaskan di perairan Selayar sekitar 300 meter dari pantai Pabadilang, Selayar.
 
Sebagian penumpang telah berhasil dievakuasi, sedangkan sebagian lagi masih berada di atas kapal.
 
Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan (life jacket) serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari nakhoda dibantu kru kapal.
 
Kapal tersebut juga membawa kendaraan roda dua sebanyak 18 unit, kendaraan roda empat sebanyak 14 unit, kendaraan golongan V sebanyak 8 unit dan kendaraan golongan VI sebanyak 8 unit. Total ada 48 unit kendaraan dalam kapal berukuran 1.519 gros ton (GT) itu.

 

Tag : kapal tenggelam
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top