Perbaikan Infrastruktur Tekan Angka Kecelakaan Mudik

Angka kecelakaan mudik mengalami penurunan sekitar 30%.
Kahfi | 18 Juni 2018 19:41 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi jalan tol Semarang-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (14/6/2018). - ANTARA/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, BANDUNG — Pembangunan infrastruktur yang massif, terutama di jalur mudik seperti bagian utara Pulau Jawa hingga jalur selatan, mampu menekan angka kecelakaan yang terjadi selama arus mudik.

Hal tersebut diungkapkan Wakapolri Komjen Syafruddin saat melakukan peninjauan di Pelabuhan Merak, Banten. Dia menyebut kondisi lalu lintas selama periode mudik tahun ini, jauh lebih kondusif dari periode-periode sebelumnya.

Penurunan itu disebut berkat pembangunan infrastruktur yang berdampak positif bagi arus mudik tahun ini. Selain itu, Syafruddin mengatakan angka kecelakaan juga mengalami penurunan sekitar 30%.

Dia mengatakan jarak tempuh Bekasi—Semarang hanya 10 jam saat terjadi kepadatan. Jika kondisi arus lalu lintas landai Bekasi—Semarang hanya 7 jam.

“Jadi kenapa demikian ini faktor utamanya adalah infrastruktur terutama jalur di Jawa, Jakarta sampai Semarang, kemudian di Semarang sudah terpecah di Solo dan sebagainya dan masyarakat Jawa Timur itu tidak mudik ke Jawa Tengah,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi NTMC Polri, Senin (18/6/2018).

Dia berharap kondisi yang lebih baik saat menghadapi arus balik. Kepolisian memperkirakan arus balik berpuncak pada Rabu (20/6).

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top