Jelang Lebaran, Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Terus Meroket

Harga bawang merah dan bawang putih diperkirakan akan terus melonjak menjelang Rabu (13/6/2018) malam. Meski pada petang kondisi harga masih lebih rendah dari malam sebelumnya, para pedagang menyebutkan harga bawang merah dan bawang putih akan terus naik hingga malam hari.
Ilman A. Sudarwan | 13 Juni 2018 18:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Harga bawang merah dan bawang putih diperkirakan akan terus melonjak menjelang Rabu (13/6/2018) malam. Meski pada petang kondisi harga masih lebih rendah dari malam sebelumnya, para pedagang optimistis harga bawang merah dan bawang putih akan terus naik hingga malam hari.

“Karena stok sudah tidak akan ada lagi yang masuk besok, sampai malam nanti bisa tembus Rp50.000/kg untuk bawang merah ukuran super,” kata Ali, pedagang bawang merah di pasar Kramat Jati Jakarta, pada Rabu (13/6/2018) petang.

Ali menyebutkan masih menjual harga bawang merah dengan harga Rp28.000/kg untuk ukuran besar atau super. Adapun bawang merah ukuran sedang dan kecil dijual seharga Rp25.000/kg dan Rp22.000/kg.

Untuk harga bawang putih terpantau masih berada di kisaran Rp22.000 hingga Rp25.000 untuk bawang putih cutting. Ahmad, pedagang bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati mengatakan, harga tersebut masih akan menanjak hingga malam hari.

Pada malam sebelumnya, dia menjual harga bawang putih dengan harga tertinggi sekitar Rp40.000/kg. Dia berharap pembeli akan lebih ramai di malam hari sehingga dia bisa kembali menjual dengan harga yang menguntungkan.

“Kalau dekat Lebaran seperti ini, biasanya memang menjelang malam hari baru pada datang pembeli ke sini. Kalau siang begini memang susah,” katanya.

Berdasarkan pantauan Bisnis, pada Rabu (13/6/2018) sore menjelang petang kondisi pasar memang masih cukup lengang. Namun, menjelang pukul 18.00 WIB area pasar mulai kedatangan para pembeli.

Pasokan buah-buahan dan sayur dari sejumlah daerah di Indonesia terlihat masih lancar seperti hari-hari biasanya. Para pedagang menyebutkan tidak ada masalah terkait pasokan buah dan sayur.

Tag : harga bawang, harga bahan pokok
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top