Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia Prediksi Terjadi Dua Puncak Mudik & Balik

Garuda Indonesia memprediksi sektor transportasi udara pada periode Lebaran tahun ini berpotensi memiliki dua puncak arus mudik dan arus balik.
Pesawat Garuda Indonesia./JIBI-Paulus Tandi Bone
Pesawat Garuda Indonesia./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA -- Garuda Indonesia memprediksi sektor transportasi udara pada periode Lebaran tahun ini berpotensi memiliki dua puncak arus mudik dan arus balik.

Direktur Operasi Garuda Indonesia, Triyanto Moeharsono mengatakan puncak arus mudik terjadi pada 10 Juni dan 13 Juni 2018, sedangkan arus balik pada 21 Juni dan 24 Juni.

"Kami sudah siapkan semuanya baik dari pilot, kru, pesawat, teknisi, hingga ground handling [jasa layanan darat]. Kami sangat siap hadapi mudik Lebaran hingga 24 Juni nanti," kata Triyanto, Selasa (12/6/2018).

Menurutnya, adanya penetapan cuti bersama yang panjang oleh pemerintah menjadikan masyarakat bisa mengatur rencana perjalanan secara lebih tertata. Selain itu, puncak mudik dan balik yang tidak terpusat pada satu hari menjadi dampak positif lain.

Pihaknya juga mengaku telah mengadakan sosialisasi terhadap calon penumpang agar tidak melakukan candaan bom. Hal tersebut juga menjadi urusan semua pemangku kepentingan di sektor penerbangan.

Menurutnya, dengan adanya pemberitaan soal candaan bom dan sanksi pidana bisa membuat masyarakat lebih tahu dan sadar akan risikonya. Terlebih, jika terjadi saat Lebaran, efek domino keterlambatan terbang (delay) bisa lebih parah.

Selama periode Lebaran kali ini, Garuda Indonesia Group menyiapkan 160 ribu kursi penerbangan ekstra untuk mengantisipasi peningkatan trafik penumpang selama 8 Juni 2018 hingga 24 Juni 2018, baik untuk rute domestik dan internasional.

Kapasitas penerbangan tambahan tersebut terdiri dari 768 frekuensi penerbangan tambahan yaitu 480 penerbangan Citilink Indonesia dan 288 penerbangan Garuda Indonesia. Kapasitas tambahan tersebut meningkat sebesar 45% dibandingkan dengan tahun lalu yang sebesar 107.750 kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper