Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Pertumbuhan, DHL Ekspansi ke Semarang

DHL Express Indonesia melakukan ekspansi bisnis ke Semarang dengan rencana membangun gedung, gudang, dan menambah pesawat.
DHL/Reuters-Carlos Barria
DHL/Reuters-Carlos Barria

Bisnis.com, JAKARTA -- DHL Express Indonesia melakukan ekspansi bisnis ke Semarang dengan rencana membangun gedung, gudang, dan menambah pesawat.

Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia Ahmad Mohamad mengatakan upaya ini dilakukan untuk menggenjot pertumbuhan perusahaan.

"Kita lihat banyak perusahaan-perusahaan pindah ke Jawa Tengah. Dengan begini, kami jadi perusahaan pertama yang membangun gateway di Semarang," ujarnya di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Melalui penambahan 1 pesawat di Semarang, jumlah armada yang dimiliki perusahaan multinasional di bidang kurir dan bermarkas di Jerman serta Norwegia ini sudah memiliki 4 pesawat.

Tiga pesawat carter sebelumnya telah beroperasi di Balikpapan, Jakarta, dan Batam.

Ahmad tidak bisa merinci berapa total investasi pengadaan tersebut. Tetapi, saat ini pembangunan sudah pada tahap 50% konstruksi dan ditargetkan rampung akhir 2018.

Upaya lain yang dilakukan DHL untuk meningkatkan kinerja perusahaan adalah melakukan kerja sama dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah-daerah agar bisa melakukan ekspor.

Bali menjadi tujuan pertama dan saat ini sedang dikembangkan di wilayah Yogyakarta. Dia menambahkan Bandung juga memiliki potensi UMKM yang sangat besar.

Cara yang dilakukan perusahaan adalah dengan menggandeng asosiasi UMKM dan mengumpulkan kiriman paket dalam satu transaksi.

"Karena kalau mereka kirim dalam jumlah kecil, mereka akan menanggung biaya yang tinggi. Kami juga menurunkan biaya pengiriman serendah mungkin," lanjut Ahmad.

UMKM jadi salah satu fokus DHL karena saat ini baru menyumbang kurang 10% dari total pengiriman perusahaan. Sementara itu, perusahaan menargetkan kontribusi UMKM bisa mencapai dua digit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper