Pelindo III Akan Kembangkan Terminal Tenau

Terminal penumpang Pelabuhan Tenau di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan dikembangkan dengan kapasitas tampung mencapai 1.500 orang.
Newswire | 23 Mei 2018 10:53 WIB
Suasana pelabuhan Tenau yang dikelola PT Pelindo III, di Kupang, NTT, Senin (17 /7). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, KUPANG - Untuk meningkatkan pelayanan, terminal penumpang Tenau di Nusa Tenggara Timur, akan diperluas.

Kepala Humas PT Pelindo III Tenau Kupang, Wilis Aji mengatakan, terminal penumpang Pelabuhan Tenau di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan dikembangkan dengan kapasitas tampung mencapai 1.500 orang.

"Pengembangan terminal penumpang Tenau ini untuk meningkatkan pelayanan karena kondisi saat ini tidak lagi memadai dengan kapasitas tampung 467 orang," kata Wilis Aji saat dihubungi Antara di Kupang, Rabu (23/5/2018).

Ia menjelaskan, rencana pengembangan terminal penumpang Tenau di ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur ini sedang dalam proses lelang di Jakarta.

Pada akhir 2018 ditargetkan mulai dilakukan pembongkaran terminal yang ada dan mulai dibangun berupa terminal dua lantai dengan kapasitas 1.500 orang, katanya.

Menurutnya, kapasitas terminal penumpang Tenau saat ini kurang memadai seiring pertumbuhan arus penumpang yang semakin meningkat.

Pihaknya mencatat, arus penumpang melalui Pelabuhan Tenau dari Januari-April 2018 mencapai 87.897 orang. Jumlah ini terkoreksi meningkat hingga 60% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2017 sebanyak 52.648 orang.

Sementara kondisi daya tampung terminal penumpang saat ini hanya untuk 467 orang sehingga sering membuat para calon penumpang membeludak di halaman loket maupun area parkir.

"Rencana pengembangan terminal ini untuk meningkatkan pelayanan publik untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang," katanya.

Wilis menambahkan, selain di Tenau, Pelindo Tenau telah mengembangkan dua terminal penumpang di Pulau Flores yakni di Maumere Kabupaten Sikka dan Ende dengan kapasitas masing-masing 750 penumpang.

"Dua terminal di Flores ini juga dibangun dua lantai dan sudah diresmikan beberapa waktu lalu. Sementara rencana pengembangan untuk di Tenau Kupang ini dengan kapasitas yang lebih besar," katanya.

Sumber : Antara

Tag : pelindo iii
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top