Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Bersih Singapore Airlines Melonjak 148%

Singapore Airlines Group memperoleh laba bersih sebesar S$893 juta pada tahun keuangan 2017/18, atau meningkat sebesar 148,1%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Pesawat superjumbo Airbus A380 Singapore Airlines saat berada di Bandara Changi, 11 November  2010./Reuters-Tim Chong
Pesawat superjumbo Airbus A380 Singapore Airlines saat berada di Bandara Changi, 11 November 2010./Reuters-Tim Chong

Bisnis.com, JAKARTA—Singapore Airlines Group memperoleh laba bersih sebesar S$893 juta pada tahun keuangan 2017/18, atau meningkat sebesar 148,1%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Siaran pers Singapore Airlines Group (SIA) menyebutkan peningkatan tersebut disebabkan oleh peningkatan laba operasional sebesar  S$434 juta, tidak adanya ketentuan SIA Cargo untuk hal-hal yang berkaitan dengan kompetisi sebesar  S$132 juta, serta penurunan nilai brand dan merek dagang Tigerair sebanyak S$98 juta.

SIA mendapatkan peningkatan laba operasional hingga 69,7% dibandingkan dengan tahun keuangan yang lalu, atau menjadi S$ 1,05 miliar.

Ada pun, pendapatan grup dilaporkan meningkat sebesar  S$937 juta secara year on year  (y-o-y) menjadi  S$15,8 miliar.

Peningkatan pendapatan diklaim terjadi di semua segmen bisnis. Pendapatan dari jumlah penumpang yang diterbangkan meningkat sebesar S$428 juta, karena pertumbuhan lalu lintas melampaui penurunan imbal hasil (yield) penumpang.

Di sisi lain, pendapatan kargo juga meningkat sebesar S$266 juta dolar Singapura pada angkutan barang dan imbal hasil.

Sementara, pendapatan dari layanan engineering tumbuh sebesar S$52 juta yang disebabkan oleh aktivitas-aktivitas pemeliharaan.

Pengeluaran Grup dilaporkan meningkat hingga S$503 juta menjadi  S$14,7 miliar. Biaya bahan bakar bersih naik sebesar 4,1% akibat peningkatan harga internasional sebesar 18%.

Kendati demikian harga tersebut sebagian diimbangi oleh keuntungan lindung nilai (hedging) terhadap kerugian tahun lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper