Mudik Lebaran 2018: Kemenhub Imbau Keamanan Sarana Prasaran Ditingkatkan

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk kesekian kalinya meninjau kesiapan angkutan Lebaran (angleb) 2018 dan keamanan sarana dan prasarana transportasi darat.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 21 Mei 2018 01:24 WIB
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk kesekian kalinya meninjau kesiapan angkutan Lebaran (angleb) 2018 dan keamanan sarana dan prasarana transportasi darat.

Kali ini, tinjauan itu dilakukan di Pekanbaru oleh  Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Hindro Surahmat dengan mengunjungi Pelabuhan Sungai Sei Duku dan Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki Kota Pekanbaru.

"Kami mengecek kesiapan di kedua sarana prasana transportasi tersebut mulai dari personel, keamanan, dan sarana pendukung lainnya untuk menghadapi angkutan Lebaran," jelas Hindro, Minggu (20/5/2018). 

Saat mengunjungi Terminal Bandar Raya, Kemenhub  melaksanakan ramp check terhadap armada bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) yang akan berangkat serta memasang stiker bagi kendaraan yang lulus uji laik jalan.

Dalam hal ini, Hindro dengan detil memeriksa perlengkapan atribus bus dan surat-surat serta ban hingga lampu dan rem untuk keselamatan transportasi.

"Sesuai arahan Menhub (Budi Karya Sumadi) kami hadir untuk memotivasi petugas dan melihat pengamanan yang disiapkan, ditambah lagi pasca aksi teror di Mapolda Pekanbaru," imbuhnya .

Sementara itu setiba di pelabuhan sungai, Hindro juga melakukan pengecekan kelaikan sebelum keberangkatan kapal dan kesiapan life jacket dan kelengkapan lainnya serta persiapan saat keadaan darurat.

Dengan adanya tinjauan tersebut, Kemenhub pun mengimbau agar pemerintah daerah sekaligua dishub daerah  untuk meningkatkan keamanan di pusat-pusat pelayanan perhubungan dan simpul transportasi.  

Tag : mudik lebaran
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top