TB Simatupang Jadi Incaran Sewa Kantor

TB Simatupang menjadi kawasan yang paling banyak diincar penyewa perkantoran di luar kawasan sentral bisnis di Jakarta.
Finna U. Ulfah | 21 Mei 2018 18:23 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – TB Simatupang menjadi kawasan yang paling banyak diincar penyewa perkantoran di luar kawasan sentral bisnis di Jakarta.

Head of Research Jones Lang LaSalle (JLL) Indonesia James Taylor dalam laporan Jakarta Property Market Review 1Q18 mengatakan TB Simatupang di Jakarta Selatan adalah klaster komersial yang paling aktif di luar kawasan sentral bisnis.

“Cibis9 dan South Quarter adalah bangunan berkualitas paling tinggi yang pernah dibangun di daerah ini dan dalam beberapa bulan terakhir kami telah melihat beberapa penyewa CBD yang ingin pindah ke TB Simatupang,” ujar James dikutip Senin (21/5/2018).

Umumnya kawasan TB Simatupang menjadi incaran perusahaan minyak dan beberapa perusahaan lokal karena ruang kantor yang relatif terjangkau dan adanya akses ke jalan tol.

Namun dengan banyak proyek infrastruktur seperti Stasiun MRT yang akan berlokasi di ujung barat TB Simatupang dan LRT yang akan mengubungkan dengan lokasi lebih jauh di pinggiran Jakarta, telah mengubah lanskap atau tata letak TB Simatupang.

“Dengan itu terdapat tanda bahwa TB Simatupang akan terus tumbuh dan populer diantara penyewa kantor,” tutur James.

James menambahkan tren persewaan perkantoran di luar kawasan sentral bisnis secara umum sama seperti yang terjadi di kawasan sentral bisnis.

Banyak pemilik ruang kantor, katanya, menurunkan harga sewa untuk menarik penyewa dalam merespons tingginya persediaan atau pasokan baru dan turunnya tingkat hunian.

Namun, kawasan TB Simatupang mengalami pemulihan pasar yang diprediksi akan terjadi lebih cepat dibandingkan dengan kawasan sentral bisnis karena harga sewa yang lebih stabil sejak penurunan pada setiap kuartal pertengahan 2015.

Tag : perkantoran
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top