Rata-rata Karyawan Pria Digaji Lebih Tinggi 16,1% Dibandingkan Wanita

Perbedaan gaji ternyata tidak hanya ditentukan oleh keterampilan dan jenjang karir seseorang. Di banyak negara, seorang pria dan wanita di posisi yang sama bisa mendapatkan gaji yang berbeda hanya karena perbedaan gender.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 18 Mei 2018 08:31 WIB
Ilustrasi perbedaan gaji berdasarkan gender. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Perbedaan gaji ternyata tidak hanya ditentukan oleh keterampilan dan jenjang karir seseorang. Di banyak negara, seorang pria dan wanita di posisi yang sama bisa mendapatkan gaji yang berbeda hanya karena perbedaan gender. 

Menurut hasil penelitian Korn Ferry Gender Pay Index, secara internasional, perbandingan gaji pria dan wanita secara global adalah pekerja pria memperoleh gaji rata-rata 16,1% lebih tinggi dibandingkan wanita.

Namun, laporan itu juga menunjukkan kesenjangan ini mengalami penurunan di tingkat tertentu. Dalam posisi pekerjaan yang sama, misalnya level direktur, kesenjangan gaji berkurang menjadi 5,3% secara global. 

Sementara itu, pada posisi pekerjaan yang sama di perusahaan yang sama, kesenjangan gaji yang terjadi mengecil menjadi 1,5%. Lebih lanjut, karyawan pria dan wanita yang memegang posisi pekerjaan yang sama di perusahaan yang sama serta bekerja di fungsi yang sama memiliki perbedaan gaji di kisaran 0,5%.

“Data kami menunjukkan bahwa wanita memperoleh penghasilan sekitar 16% lebih rendah dari pria, yang mana hal ini merupakan sebuah masalah krusial yang nyata. Namun, belum mencerminkan
seluruh gambaran seutuhnya,” kata Bob Wesselkamper, Korn Ferry Head of Rewards and Benefits Solutions dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (17/5/2018).

Dia melanjutkan banyak perusahaan dengan jumlah karyawan wanita yang berpenghasilan lebih rendah dibandingkan karyawan pria di posisi pekerjaan yang sama.

"Secara rata-rata ketika kami membandingkan wanita dan pria pada posisi pekerjaan yang sama, kesenjangan ini berkurang secara signifikan," tambah Wesselkamper.

Korn Ferry juga menyatakan perbedaan gaji ini dapat diatasi jika perusahaan berniat mengatasinya dan senantiasa meningkatkan jumlah karyawan wanita untuk menduduki posisi berpenghasilan tinggi, termasuk dalam jajaran manajemen senior dan fungsional  seperti teknisi dan disiplin ilmu-ilmu teknik lainnya.

Tag : upah
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top