JELANG RAMADAN 2018: Stabilisasi Harga Pangan, Mendag Enggar Sebut Peran Integrator

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan harga bahan pangan di Kota Semarang jelang ramadhan lebih rendah dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.
Alif Nazzala Rizqi | 16 Mei 2018 13:24 WIB

Bisnis.com, SEMARANG - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan harga bahan pangan di Kota Semarang jelang Ramadan lebih rendah dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

Enggar pun menyampaikan harga bahan pangan di Kota Semarang seperti beras dan minyak goreng cenderung stabil jelang Ramadan, serta terjadi penurunan harga cabai dan gula putih. Meski begitu, harga ayam di Kota Semarang cenderung mengalami kenaikan.

"Hari ini kami undang yang besar-besar, integrator yang semula saya menahan mereka untuk tidak masuk ke pasar tradisional, karena waktu itu menampung aspirasi dari Blitar, Boyolali yang datang ke kantor, kami membuat kesepakatan untuk membagi wilayah. Tapi dengan kondisi seperti ini, kami beritahu kepada para peternak yang tradisional yang sudah dikasih batas, anda tidak kirim. Kami kirim." kata Enggar di Semarang, Rabu (16/05 /2018).

Enggar mengatakan integrator tersebut  untuk menekan harga. Enggar juga memastikan harga bahan pokok selama Ramadan tidak akan melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET), sebab kata dia, pihaknya telah menyiapkan 200 staf Kementerian Perdagangan sebagai satgas untuk memantau harga di pasar.

Terkait daging sapi, Kementerian Perdagangan akan menyerahkan kebijakan pasokan daging sapi kepada masing - masing daerah. Saat ini, Kementerian Perdagangan memiliki stok 50.000 ton daging sapi eks impor dari India dengan harga Rp80.000 perkilogramnya. Enggar mengatakan pihaknya siap mengimpor 50.000 ton daging sapi dari India jika ada daerah yang membutuhkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan kenaikan harga ayam di Kota Semarang berada pada kisaran Rp3.000 perkilogramnya.

"Harga ada kenaikan Rp3.000 perkilogram dari yang Rp30.000,- jadi Rp34.000,- sampai Rp35.000,- karena masing - masing pasar berbeda. Ada yang Rp35.000,- sampai Rp37.000,- tergantung mereka. Tapi kalau di kalkulasi rata - rata kenaikan sekitar Rp3.000," katanya.

Fajar pun mengatakan pihaknya saat ini melakukan pantauan khusus terkait harga bahan pangan di Pasar Karangayu, Pasar Bulu, Pasar Johar, Pasar Peterongan, dan Pasar Pedurungan, sebab pasar - pasar tersebut merupakan pasar grosir di Kota Semarang.

Tag : ramadan 1435 h
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top