Metland Bidik Jawa Barat

PT Metropolitan Land., Tbk (MTLA) membidik penguasaan lahan di wilayah Jawa Barat untuk pengembangan kota mandiri baru.
Anitana Widya Puspa | 13 Mei 2018 18:01 WIB
Developer By Keppel land and Metland. /riviera.id

Bisnis.com, JAKARTA—PT Metropolitan Land., Tbk (MTLA) membidik penguasaan lahan di wilayah Jawa Barat untuk pengembangan kota mandiri baru.

Direktur Keuangan MTLA Olivia Surodjo mengatakan perusahaan membidik Jawa Barat sebagai lokasi potensial lantaran lokasinya yang tak terlalu jauh dari Jakarta dengan harga dan luasan yang prospektif. Mengingat di ibu kota saat ini juga sudah tidak tersedia banyak lahan yang bisa dibebaskan.

Rencana penambahan lahan telah dialokasikan dalam belanja modal tahun ini senilai Rp600 miliar. Namun, kata dia, anggaran belanja lahan berkemungkinan untuk ditambah hingga Rp1 triliun jika ternyata memang ada lebih banyak lahan potensial baik di proyek eksisting proyek maupun di lokasi baru.

“Akuisisi lahan ini sudah mulai kami lakukan sejak tahun lalu, dengan potensi pembebasan hingga tahun ini mencapai 150 ha,”katanya akhir pekan lalu.

Meski demikian perusahaan  sebetulnya mengantongi izin di kawasan itu mencapai 280 ha dan berniat memperbesar penguasaan lahan hingga 400 ha guna mendukung rencana perusahaan dalam membangun kota mandiri.

Saat ini Olivia menuturkan belum bisa berbicara banyak mengenai proyek itu lantaran masih dalam tahapan yang sangat awal. Perusahaan baru bisa memulai proyek setelah mematangkan master plan.

Secara total saat ini MTLA masih memiliki cadangan lahan seluas 700 ha yang juga akan ditambah menjadi 800 ha.

Adapaun sepanjang 3 bulan berjalan pertama tahun  ini MTLA meraup pendapatan senilai Rp319 miliar. Pendapatan ini berasal dari penjualan properti atau development income sebesar Rp198 miliar, dan Rp121 miliar dari pendapatan berkelanjutan (recurring income).

Tahun lalu, perusahaan membukukan nilai pendapatan senilai Rp 1,3 triliun dibandingkan 2016 yakni Rp1,1 triliun. Peningkatan pendapatan ini didorong naiknya penjualan properti Rp772,5 miliar.

Direktur Utama Metland Thomas J Angfendy, menuturkan, kuartal I-2018 perseroan bersama Keppel Land meneruskan penjualan The Riviera at Puri dengan meluncurkan produk tahap kedua sebanyak 140 unit dengan penjualan hampir 90%.

Metland juga akan melanjutkan pemasaran produk One Parc Puri di Metland Cyber City dan Royal Venya Ubud. Perusahaan juga kini tengah menyelesaikan pembangunan apartemen Kaliana yang ditargetkan tutup atap pada kuartal III mendatang.

Tag : metland
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top