Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peritel Optimistis Belanja Konsumen Kuartal II/2018 Kembali Naik

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan belanja konsumen pada kuartal II/2018 diprediksi akan meningkat jika dibandingkan dengan kuartal I/2018.
Miniso, merk ritel asal Jepang/Ema Sukarelawanto
Miniso, merk ritel asal Jepang/Ema Sukarelawanto

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan belanja konsumen pada kuartal II/2018 diprediksi akan meningkat jika dibandingkan dengan kuartal I/2018.

“Kuartal II pasti meningkat karena ada season Lebaran, tapi apakah bisa mendukung kinerja secara keseluruhan sangat sulit untuk menjawabnya,” kata Tutum ketika dihubungi Bisnis.com, Senin (7/5/2018).

Dia menambahkan pertumbuhan konsumsi terbesar ada di masyarakat lapis bawah atau menengah ke bawah. “[Didorong] karena populasi yang besar dan daya beli,” ujarnya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan pertumbuhan konsumsi pada kuartal I/2018 hanya sebesar 4,95% atau naik 0,01% dibandingkan dengan kuartal I/2017.

BPS berharap pertumbuhan konsumsi pada kuartal selanjutnya dapat lebih tinggi seiring dengan adanya event besar, seperti Lebaran, Pilkada dan Asian Games.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey, mengatakan konsumsi rumah tangga pada kuartal I/2018 yang berada di angka 4,95% menjadi indikasi secara makro antara ritel modern, pasar rakyat, dan non keduanya. “Rata-rata akan ada pertumbuhan konsumsi,” ujarnya.  

Hal tersebut, katanya, dipengaruhi faktor populasi yang bertambah, daerah yang sudah pulih harga jual komoditasnya tetapi ada juga yang tergantung dana bantuan pemerintah.

"Walaupun rendah [konsumsi] masih dapat diterima dengan asumsi bahwa memang sesuatu yang baik di kuartal ini [I/2018]. Tapi kembali lagi recovery di ritel itu, pelaku usaha khususnya di ritel modern belum dirasakan normal, jadi masih under perform bertumbuh tapi melambat," katanya. 

 

 

 

 

 

 

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper